Mau Bikin Es Teh Hijau yang Segar dan Harum? Ikuti Tips Ahli Teh Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 05 Sep 2016 16:54 WIB
Foto: iStock/detikFood Foto: iStock/detikFood
Jakarta - Selain dinikmati hangat, teh hijau juga enak diminum dingin. Agar rasanya enak, ikuti tips ahli teh ini.

Tidak sekedar air teh plus es batu saja. Ada tiga cara untuk hasilkan es teh yang enak. Teh hijau bisa diseduh langsung dengan air panas, membuat es batu dari teh dan menggunakan metode cold brew.

Ratna Somantri, ahli teh Indonesia berbagi ilmu mengenai teknik menyeduh es teh hijau dengan menggunakan Classic Green Tea 2Tang.

Menurut Ratna, teh hijau produksi 2Tang ini memiliki karakter unik yang tidak dimiliki jenis teh hijau lain di Indonesia. Karena dibuat dengan daun teh varian 'sinensis' dari camelia sinensis yang dipilih cermat dan diracik oleh peramu teh yang berpengalaman.

Agar rasanya makin enak, berikut ini beberapa langkah pembuatan es teh yang bisa Anda ikuti di rumah.

1. Siapkan alat dan bahan

Untuk membuat es teh Anda memerlukan tea pot berkapasitas 2 liter, 40 gr Classic Green Tea 2Tang dan es batu secukupnya.

2. Bekukan gelas

Sebelum meracik teh hijau, sebaiknya masukkan terlebih dahulu gelas dalam kulkas selama beberapa jam hingga membeku dan berembun.

3. Seduh teh

Untuk membuat es teh, takaran daun tehnya harus 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan penyeduhan teh hangat.

Masukkan 40 gram daun teh hijau ke dalam tea pot berukuran 2 liter. Tuang air panas bersuhu 75 derajat Celcius, tutup tea pot. Diamkan selama 3 menit supaya aroma dari tehnya keluar secara optimal.

4. Nikmati teh

Sambil menunggu teh siap disajikan, gelas dari freezer. Beri es batu hingga hampir penuh. Setelah itu, tuangkan teh ke dalam gelas dan teh siap dinikmati. Biarkan hingga dingin dan teh siap dinikmati.

Warna teh hijaunya berwarna kuning keemasan. Ini menandakan bahwa teh yang digunakan memiliki kualitas yang baik seperti Classic Green Tea 2Tang.


(lus/odi)