Makanan Rumah Sakit

Rumah Sakit Sediakan Daging Balado hingga Buttered Rice untuk Pasien Rawat Inap

Maya Safira - detikFood Kamis, 01 Sep 2016 16:10 WIB
Foto: Detikfood/RSIA Bunda Menteng
FOKUS BERITA Makanan Rumah Sakit
Jakarta - Rumah sakit menawarkan aneka menu untuk mendukung kesembuhan. Tidak hanya sajian Nusantara, makanan Barat juga ikut disajikan bagi pasien.

Pasien rumah sakit diberi beragam menu utama agar tidak bosan. Termasuk sajian gaya Indonesia, Oriental dan Barat yang biasanya tergantung kelas pasien.



Tentunya tiap rumah sakit memiliki daftar menu yang berbeda. Seperti sayur asem, cah kacang panjang, pepes, cah kailan, sup pangsit, hingga steak.

Siloam Hospitals Kebon Jeruk, misalnya, punya paduan Daging Balado, Sop Labu Ikan, Tempe Bumbu Terik dan Ase Buncis Sous dalam pilihan menu Indonesia. Sementara sajian Oriental berupa Ayam Lada Hitam, Sop Tekwan, Burger Tahu dan Cah Sawi Hijau Bakso. Untuk menu Barat sendiri contohnya Steamed Fish Lemon Sauce, Seafood Clear Soup, Buttered Rice dan Glazed Carrot.



Akan tetapi menu-menu tersebut disesuaikan dengan diet pasien. Bisa saja dibuat lebih lunak, rendah lemak, rendah garam, atau khusus penderita diabetes mellitus. Jadi pada beberapa menu, pemilihan bahan dan ukuran porsinya juga dapat dibuat berbeda.

Di RSIA Bunda Menteng juga ada menu Indonesia, Oriental, Barat dan anak. Menu Indonesia diantara pilihannya ada Bening Katuk, Tahu Bacem, Empal, Perkedel Kentang, Kimlo Solo, atau Ayam Rica-rica. Makanan Oriental bisa berupa Nanking, Kung Pao, atau Cap Cay. Sedangkan Barat ada Blackpepper Steak, Cordon Bleu, Pasta, Lasagna maupun Macaroni Schotel.

"Menu-menu di sini kami usahakan mirip sebisa mungkin dengan menu restoran. Tetapi karena menunya sehat tetap ada modifikasi bumbu atau bahan makanannya. Adanya variasi menu untuk mengakali agar pasien tidak bosan," ujar Armina Immawati, S.Gz selaku Penanggung Jawab Unit Gizi RSIA Bunda Menteng.



Untuk menu anak biasanya dibuat dalam tampilan lebih menarik. RSIA Bunda Menteng menyajikannya dalam bentuk bento. Menurut Armina, kemasan menarik dan menggemaskan membuat anak jadi lebih tertarik makan.

Ada juga trik agar anak-anak mau makan sayur. Contohnya dimasukkan brokoli atau nori (rumput laut kering) dalam nasi bento. Termasuk juga keberadaan menu sushi. (msa/odi)
FOKUS BERITA Makanan Rumah Sakit

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com