Seduh Teh Hitam Celup dengan Cara Ini Agar Rasa dan Aromanya Lebih Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 29 Agu 2016 12:47 WIB
Foto: detikFood/iStock
Jakarta - Untuk membuat teh hitam celup yang enak, ternyata diperlukan trik khusus. Tak hanya sekedar menuangkan air panas dan mencelupkan teh saja.

Teh hitam merupakan salah satu teh yang banyak diproduksi di Indonesia. Disukai karena rasanya yang pekat. Salah satu teh hitam legendaris dari Jawa Tengah adalah Black Tea 2Tang.

Black Tea 2Tang dibuat dari daun teh pilihan, tidak mengandung pewarna dan pengawet serta diolah dengan cara yang higienis.

Ahli teh Indonesia, Ratna Somantri memberikan tips cara membuat teh hitam celup yang benar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu suhu air dan lamanya waktu penyeduhan.

Berikut ini adalah langkah mudah menyeduh teh hitam celup yang benar.

1. Siapkan air dan teh

"Teh hitam yang dioksidasi secara penuh membutuhkan suhu tinggi untuk bisa mengeluarkan aroma dan rasa yang maksimal," tutur Ratna.

Untuk menyeduh teh hitam celup, gunakan air dengan suhu 95 derajat Celcius.

Jika ingin menyeduhnya dalam cangkir, Anda dapat menggunakan 1 kantung teh hitam celup. Sedangkan untuk teko berkapasitas 450 cc diperlukan 2 kantung teh hitam celup. "Kalau suka dengan racikan teh a la Inggris yang pekat bisa ditambah 1 kantung teh lagi," jelas Ratna.

2. Seduh teh

Taruh terlebih dahulu kantong teh di dalam cangkir teh baru tuang air panas. Jika airnya dituang dulu baru dimasukkan kantong tehnya maka suhu air sudah turun. Padahal teh hitam membutuhkan suhu yang tinggi untuk mengelaurkan rasa dan aroma alaminya.

3. Waktu seduh

Dibandingkan dengan teh hijau, teh hitam membutuhkan waktu yang lebih lama. Teh hitam membutuhkan waktu penyeduhan selama 3-4 menit. Jika Anda suka dengan teh pekat bisa menyeduhnya hingga 5 menit. Tapi jangan sampai lebih dari 5 menit.

Jangan mencelup-celupkan kantung teh, agar teh memiliki waktu cukup untuk mengeluarkan aroma dan juga rasa secara maksimal.

4. Angkat kantung teh
Setelah 3-5 menit, putar kantung teh perlahan kemudian diangkat. Jangan membiarkan teh lebih dari 5 menit berada dalam air. Karena dapat membuat rasanya terlalu pekat dan cenderung pahit.

5. Nikmati teh

Teh hitam dapat dinikmati tanpa atau dengan tambahan gula. Jika suka lebih enak dihirup tanpa gula karena bisa merasakan aroma dan rasa alami daun teh.
(lus/odi)