ADVERTISEMENT

Pedas Segar Rujak

Rujak Plus Es Krim Jadi Paduan Enak di Yogyakarta

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 26 Agu 2016 14:37 WIB
Foto: GoodIndonesianFood/SorotJogja/SowanJogya
Jakarta - Biasanya rujak hanya memakai saus gula merah. Tetapi di Yogyakarta ada tambahan es krim santan yang lembut gurih di atasnya. Slurrpp!

Ragam variasi rujak bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Di Yogyakarta, tepatnya di kawasan Pura Pakualaman ada beberapa penjual rujak es krim yang unik dan enak.

Sebenarnya racikan rujak es krim tak jauh berbeda dari rujak buah pada umumnya. Ada serutan mentimun, mangga, kedondong, pepaya, nanas, dan bengkoang. Racikan sausnya antara lain kacang tanah, cabai rawit, cabai merah, gula merah, asam Jawa, dan garam secukupnya.


Tambahan topping es krim membuat rujak ini istimewa. Es krimnya bukan es krim susu seperti yang banyak dijual di pasaran, melainkan es krim puter berbahan dasar santan yang lembut gurih.

Es krim ini menggunakan bahan-bahan alami. Selain santan, es krim dibuat dari kelapa muda, garam, daun pandan, gula pasir, dan larutan maizena.

Kabarnya rujak es krim di Yogyakarta pertama kali muncul tahun 1990-an. Adalah Mas Paino dan Pak Nardi yang sering disebut sebagai pelopor pembuat rujak es krim.


Paduan buah segar dengan es krim yang dingin lembut ini rupanya disukai banyak orang. Meski hanya berjualan di tempat sederhana, rujak es krim selalu laris diantre pembeli.

Kini banyak penjual rujak es krim versi berbeda di Yogayakarta. Ada yang menggunakan es krim rasa strawberry atau cokelat sebagai pengganti es krim santan. Ada pula penambahan topping seperti roti tawar dan wafer.


Tak hanya di Pura Pakualaman, rujak es krim kini populer di banyak tempat di Yogyakarta. Bahkan sudah merambah ke kota lain termasuk Jakarta, Solo, dan Bandung.

Nah, kalau bertemu penjual rujak es krim, sempatkan mencicipnya. Cita rasa yang dingin segar membuatnya pas disantap saat cuaca panas.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT