ADVERTISEMENT

Ini 4 Makanan Unik yang Wajib Dicicip Saat Traveling ke Jepang

Annisa Trimirasti - detikFood
Jumat, 26 Agu 2016 14:05 WIB
Foto: Youtube/Getty Images
Jakarta - Selain enak dan segar, Jepang juga punya makanan unik. Dari cumi berdansa hingga kedelai tertutup lendir.

Tampilan makanan ini memang aneh atau unik. Buat pencinta makanan jadi tantangan untuk mencicipinya. Seperti 4 makanan aneh yang menurut traveller.com.au (15/8/16) wajib dicicipi bagi yang berani.

1. Dancing Squid Bowl Fish


Hidangan cumi menari dalam mangkuk. Di hidangan ini tentakel cumi akan bergerak saat Anda menuangkan kecap asin kepadanya.

Sayangnya, itu terjadi bukan karena cumi kembali hidup tetapi karena siraman shoyu yang mengandung garam dapat menghidupkan kembali otak cumi dan memicu kejang otot sehingga terlihat seperti menari.

Tarian cumi sebagai indikator bahwa cumi masih segar. Karena saat baru saja mati jaringan tubuhnya masih hidup.

2. Natto
Natto adalah hasil fermentasi kacang kedelai dan menghasilkan lapisan lendir yang menyerupai air liur. Teksturnya lengket mulur dan berbau menyengat.

Natto adalah menu tradisional jepang yang biasa dimakan dengan nasi atau sup miso dengan tambahan shoyu, karashi (sejenis mustard), dan bawang merah. .

3. Shirako

Shirako berarti "anak-anak putih" karena bentuknya menyerupai daging putih kecil seperti otak. Tampilannya mirip otak sapi.

Sayangnya ternyata shirako bukan terbuat dari otak hewan mana pun tapi terbuat dari kantong sperma ikan cod dan isinya.

Shirako rasanya creamy, halus dan lembut. Enak disajikan dingin dengan saus ponzu dan daun shiso. Shirako biasa disajikan di sushi bar.

4.Nankotsu


Nankotsu merupakan potongan tulang rawan ayam. Mengandung kolagen dan berbagai nutrisi lain yang menyehatkan. Biasanya digoreng kering atau dipanggang dan dinikmati dengan bir dingin. Karenanya camilan ini umumnya jadi suguhan bar.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT