Jamur Truffle Hitam Seberat 1,5 Kg Berhasil Ditemukan di Australia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 24 Agu 2016 05:46 WIB
Foto: Mashable/Herald Sun
Jakarta - Jamur truffle biasanya ditemukan di Eropa. Tetapi baru-baru ini seorang pria di Australia dan anjingnya berhasil temukan jamur truffle hitam seberat 1,5 kg!

Truffle adalah jenis jamur termahal di dunia. Berbeda dengan jamur lain yang bisa dibudidayakan, jamur truffle adalah produk liar yang tumbuh alami. Para produsenpun tidak bisa memprediksi produksi truffle.

Guna menemukan jamur truffle di alam bukanlah perkara mudah. Butuh bantuan babi untuk memanennya karena kabarnya babi peka terhadap aroma truffle yang mirip lawan jenisnya. Namun kini anjing juga bisa melakukan tugas ini.

Baru-baru ini Stuart Dunbar, pemilik Yarra Valley Truffles di Australia berhasil menemukan truffle hitam bersama anjingnya yang bernama Lani. Truffle ini kabarnya menjadi truffle terbesar di dunia saat ini dengan berat lebih dari 1,5 kg.

Rekor truffle hitam sebelumnya ada di Bordeaux, Prancis. Pada tahun 2012 truffle ini ditemukan dengan berat 1,2 kg. Cerita bermula saat Dunbar mengajak Lani melindungi bunga anggreknya dari cuaca panas.

"Saya merasa ada truffle, dan ketika saya menggali lubang besar di tanah, 45 menit kemudian saya menemukannya," ujar Dunbar seperti dikabarkan Herald Sun (22/8). Ia mengatakan tidak ada penghargaan resmi terkait temuan truffle hitamnya. Tetapi berat truffle ini memang lebih besar dari yang ditemukan di Bordeaux.

Dunbar menjual truffle hitamnya 2,5 USD per gram atau sekitar 3.000 USD (Rp 39.705.000) untuk keseluruhan. "Biasanya truffle yang saya jual hanya seberat 50-150 gram dengan beberapa berkembang menjadi 200-300 gram. Temuan ini jelas memecahkan rekor saya," tambah Dunbar.

Pria berkepala plontos ini mengatakan tidak ada chef yang mau mengolah truffle hitam ini. Ia akhirnya menyimpan jamur dalam kulkas dan berencana mengolahnya menjadi alkohol dengan proses pengasaman (pickled). (adr/odi)