Pedas Segar Rujak

Uniknya Paduan Rujak dengan Soto yang Gurih

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 23 Agu 2016 17:52 WIB
Foto: detikTravel/detikFood Foto: detikTravel/detikFood
FOKUS BERITA Pedas Segar Rujak
Jakarta - Banyuwangi, punya rujak yang unik. Kali ini bumbu rujak yang dipadu dengan lontong dan sayur disiram kuah soto yang gurih. Mantap!

Rujak asal Banyuwangi ini tidak diracik dengan potongan buah yang disiram saus bumbu kacang. Melainkan dengan paduan rujak dan soto yang enak. Sehingga banyak wisatawan yang penasaran dengan kelezatan sajian ini.

Satu porsi rujak soto berisi lontong, irisan mentimun, sayuran rebus, potongan tahu tempe dan irisan daging sapi. Setiap mangkoknya diberi campuran bumbu rujak yang dibuat dari kacang tanah, gula merah, pisang batu muda, petis, garam dan cabai. Dihaluskan hingga memiliki konsistensi kental. Hmm, enak!

Semua campuran ini kemudian disiram dengan kuah soto bening yang sudah direbus berjam-jam dengan tambahan jerohan. Makin enak diberi taburan bawang goreng, seledri kemudian ditambah dengan kecap manis, emping, telur puyuh, sambal dan kerupuk udang.

Rujak soto di Banyuwangi sudah ada sekitar tahun 1970-an. Hingga saat ini sajian rujak soto banyak dijual di warung, restoran ataupun gerobak kaki lima di Banyuwangi.

Di Jakarta Anda masih sulit untuk mendapatkan sajian ini. Sehingga bagi Anda yang sedang berada di Banyuwangi atau berencana untuk liburan kesana, bisa langsung mampir ke warung makan seperti Kedai Losari, Rujak Soto Mbok Mbret hingga Pondok Rujak Soto.

Salah satu yang populer adalah Kedai Losari yang berada di Jalan Losari, Banyuwangi, Jawa Timur. Letaknya sangat dekat dengan Pendopo Sabha Swagata, yang merupakan kediaman Bupati Banyuwangi.

Kedai ini menjual makanan enak seperti Rujak Soto, Rujak Cingur, Rujak Kecut, dan aneka minuman segar seperti Es Dawet dan Es Temulawak. Bagaimana tertarik mencoba? (lus/odi)
FOKUS BERITA Pedas Segar Rujak