Mau Ikut Lomba Makan? Pelajari Dulu Tips dan Triknya

Annisa Trimirasti - detikFood Selasa, 16 Agu 2016 16:20 WIB
Foto: iStock/detikcom
Jakarta - Besok 17 Agustus, pastinya akan ada berbagai macam lomba, termasuk lomba makan. Agar sukses, pelajari dulu triknya.

Kobayashi sang juara makan dunia punya beberarapa strategi. Sebagai pengikut lomba amatir, Anda bisa melakukan persiapan dan trik seperti diungkap Wiki How berikut ini.

Tahap Persiapan (H-1)

1. Pastikan kondisi Anda sehat
Tetap makan seperti biasa, lapar tentu malah akan membuat tidak fokus esok hari, sedikit olahraga lebih baik. Pastikan juga Anda tidak alergi, terutama dengan makanan yang akan dilombakan.


2. Lakukan latihan singkat
Ini membuat Anda terbiasa dengan lomba. Lakukan latihan dengan makanan yang sama dengan lomba. Cari tahu bagaimana agar menang, kalau lomba makan kerupuk mungkin Anda bisa lompat lebih tinggi, tahan kerupuk dengan lidah agar berhenti terayun dan hap, lahap secepatnya.

Pada Hari Lomba

1. Jangan terlalu banyak minum
Kebanyakan minum akan membuat ruangan dalam lambung untuk makanan berkurang. Dan jangan minum susu sebelum lomba kalau Anda tidak ingin muntah.


2. Tenang dan bayangkan seperti latihan
Simak atau baca peraturan lomba baik-baik. Lakukan saja seperti saat Anda latihan, ingat, kalau panik dan terburu-buru Anda malah akan membuat kesalahan. Kunyah makanan kuat-kuat dan dorong dengan sedikit air agar lebih mudah tertelan.

Setelah lomba, makan sedikit saja dan minum air. Biarkan badan Anda kembali ke rutinitas normal kemudian makanlah seperti biasa. Dan ingat, kalah menang itu biasa. Anggap saja partisipasi dalam lomba sebagai hiburan.

(adr/odi)