Lobster Biru yang Sangat Langka Kembali Tertangkap di Massachusettes

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 15 Agu 2016 06:22 WIB
Foto: boston.com
Jakarta - Lobster biru laut yang tergolong langka kembali tertangkap. Kali ini warnanya biru bersinar sangat cantik.

Jika biasanya lobster berwarna hijau keabuan hingga merah maka lobster ini berwarna biru laut cantik seluruh badannya. Blue lobster tergolong sebagai lobster langka. Hanya terdapat 1 di antara 2 juta lobster.

Wayne Nickerson, penangkap lobster dari Plymouth sangat beruntung karena menangkap lobster ini kedua kalinya. Pertama kali ia menangkap tahun 1990 yang kemudian disimpan di Manomet, tempat pemeliharaan lobster. Senin pagi (8/8) ia kembali menangkap seekor lobster biru.

'Warna birunya sang at cantik, lebih biru dari hydrangea. Bahkan terlihat menyala bersinar,' ujar Jan Nickerson, istri Wayne Nickerson pada boston.com (11/8).

Yang lebih menyenangkan lagi, lobster ini beratnya hampir 1 kg. Sehingga warna dan beratnya sangat serasi. Tahun 2014 seorang nelayan juga tak sengaja menemukan lobster biru yang diberi nama "Skyler." Peneliti mengatakan warna biru pada lobster ini merupakan kelangkaan genetik.

Nickerson sendiri menamai lobster ini Blue dan ia menaruh dalam wadah yang aman sehingga anak-anak bisa melihatnya. Ia menunggu pihak New England Aquarium menjemput lobster ini untuk ditaruh di tempat yang lebih aman. (odi/odi)