Mengenal Afternoon Tea

Klepon dan Mendut yang Legit Juga Enak untuk Teman Minum Teh

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 07 Agu 2016 15:05 WIB
Foto: detikFood
FOKUS BERITA Mengenal Afternoon Tea
Jakarta - Umumnya teh dinikmati dengan pastry dan cake tetapi enak juga dipadu dengan jajan pasar. Klepon, mendut hingga sarikaya.

Inilah pilihan jajanan pasar khas Indonesia yang bisa dinikmati dengan teh. Umumnya disajikan dalam ukuran kecil sekali suap.

1. Klepon
Jajanan pasar berwarna hijau ini terbuat dari tepung beras ketan yang diisi dengan gula aren. Untuk warnanya biasanya menggunakan pewarna warna hijau atau pewarna alami seperti daun suji. Rasanya manis gurih dengan balutan kelapa parut.

Untuk sajian teman minum teh, biasanya klepon disajikan dengan takir atau wadah mangkuk daun dengan isi dua klepon agar tampilannya semakin cantik.

2. Lapis legit
Adonan yang menggunakan banyak telur dan bumbu spekkoek jadi keistimewaannya sehingga menghasilkan aroma legit yang khas serta bertekstur lembut.

Tepung terigu, kuning telur, mentega dan spekuk dicampur dengan campuran beberapa rempah seperti cengkeh, bunga pala serta kayu manis.

Lapisan adonan dipanggang satu per satu lapis hingga berwarna keemasan. Biasanya kue lapis ini dipadukan dengan campuran keju dan prune kering. Serta ada juga yang dibuat dengan aroma pandan serta cokelat. Hmm, rasanya yang manis dan lembut cocok disajikan dengan berbagai jenis teh hangat.

3. Mendut
Kue tradisional ini memiliki tekstur yang kenyal karena dibuat dengan tepung beras ketan. Kue mendut biasanya dibungkus dengan daun pisang dengan diberi kuah santan di dalamnya.

Kue mendut yang kenyal dibuat dengan warna yang cantik dalam takir. Kemudian disajikan lengkap dengan siraman santan gurih.

4. Sarikaya
Biasa disebut dengan sarikayo ketan, kue ini jadi suguhan teman minum kopi ataupun teh masyarakat Palembang. Kue ini dibuat tidak menggunakan campuran tepung. Melainkan gula, santan dan telur dan disajikan lengkap dengan ketan. Warna sarikayanya biasanya nerwarna hijau karena dibuat dengan campuran air daun suji serta pandan.

5. Klappertaart
Dalam bahasa Belanda klappertaart merupakan pie kelapa. Pie dengan isian custard dan kelapa asal Manado ini tentu jadi paduan cake yang cocok untuk bersantai di sore hari.

Dalam proses pembuatannya, kue ini terdiri dari daging kelapa muda dan terkadang air kelapa, tepung, gula, susu, telur, serta mentega. Teksturnya lembut dan manis.

6. Onde-onde
Jajanan pasar yang satu ini sudah populer sejak zaman dulu. Selain di pasar tradisional, onde-onde juga banyak ditemukan di kafe ataupun gorengan pinggir jalan. Onde-onde dibuat dari tepung ketan yang digoreng dengan isian pasta kacang hijau dan dibalur dengan biji wijen.

(lus/odi)
FOKUS BERITA Mengenal Afternoon Tea

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com