Mengenal Afternoon Tea

10 Jenis Teh Ini Paling Sering Dinikmati Saat Afternoon Tea (1)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 05 Agu 2016 15:15 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Mengenal Afternoon Tea
Jakarta - Ragam jenis teh bisa dinikmati untuk afternoon tea. Tetapi ada jenis teh yang paling sering dipilih saat menikmati jamuan khas Barat ini.

Setiap orang memiliki jenis teh favorit untuk menikmati afternoon tea. Seperti earl grey dengan aroma bergamot atau chamomile yang bercita rasa lembut. Dilansir dari About Food (5/8), ini 10 jenis teh yang paling sering dinikmati saat afternoon tea.

1. Earl grey


Earl grey adalah jenis teh hitam paling populer di dunia. Dibuat dari campuran teh hitam dengan lemon dan bergamot. Aromanya begitu harum dan segar seperti citrus yang wangi. Ada paduan rasa manis, asam, dan sedikit pahit dari teh yang kabarnya mampu tingkatkan mood ini. Secangkir earl grey hangat sangat cocok dinikmati bersama kudapan afternoon tea manis seperti scone dan biskuit.

2. Assam
Sesuai namanya, jenis teh hitam ini tumbuh di pegunungan Assam, India. Terkenal dengan cita rasa kuat beraroma malt. Banyak orang menikmati teh assam dengan sedikit tambahan susu dan gula. Dengan cara ini, teh assam jadi pengiring pas kudapan manis. Sebaliknya, tanpa tambahan tersebut, teh assam paling enak dinikmati bersama kudapan gurih seperti tea sandwich atau quiche.

3. Ceylon

Ceylon Tea terdiri dari bebebrapa jenis termasuk teh putih, hijau, oolong, dan hitam. Namun Ceylon Black Tea atau Sri Lankan Black Tea paling populer untuk afternoon tea. Jenisnya antara lain Orange Pekoe, Nuwara Eliya, Uva, dan Dimbulla. Teh Nuwara Eliya, misalnya, terasa ringan dengan jejak floral. Sementara teh Uva terasa manis sehingga enak dipadukan dengan susu.

4. Darjeeling
Jenis teh hitam ini punya banyak penggemar. Berasal dari Darjeeling, India, teh ini merupakan 'jodoh' klasik kudapan afternoon tea. Darjeeling akan bervariasi sesuai musim panennya. Darjeeling First Flush dipetik saat musim semi, sementara Darjeeling Second Flush dipetik saat musim panas. Petikan darjeeling musim semi kabarnya terasa lebih floral dan mirip teh hijau. Sedangkan petikan darjeeling di musim panas rasanya lebih fruity. Keduanya enak dipadukan dengan kudapan gurih.

5. Chamomile

Chamomile merupakan pilihan teh bebas kafein. Diracik dari bunga kering chamomile dengan cita rasa floral mirip apel. Enak dipadukan dengan kudapan manis seperti scone atau cake bertopping buah lainnya.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Mengenal Afternoon Tea