Mengenal Afternoon Tea

Menikmati Semerbak Jasmine dan Chrysanthemum dalam Seduhan Teh

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 04 Agu 2016 17:33 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Mengenal Afternoon Tea
Jakarta - Selain daun teh dari camelia sinensis beragam jenis bunga juga dinikmati sebagai teh. Dari wangi jasmine hingga chamomile.

Alasan utama mencampurkan teh dengan bunga adalah untuk mendapatkan aroma dan rasa yang unik. Beberapa produsen teh mencampurkan daun teh camellia sinensis dengan kuncup atau bunga. Berikut ini adalah beberapa jenis bunga yang sering dipadukan dengan teh.

1. Jasmine

Teh yang diracik dari bunga melati atau jasmine ini hasilkan aroma wangi. Teh melati sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat China sebagai minuman kesehatan. Teh jenis ini mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Tak hanya itu, teh melati juga dipercaya dapat tingkatkan libido serta redakan stres.

Teh ini dibuat dengan dasar teh hijau atau teh putih. Rasa teh melati yang khas menghasilkan rasa manis yang lembut sehingga cocok dijadikan sebagai teman bersantai.

2. Mawar

Teh ini merupakan salah satu jenis teh tradisional. Teh yang dicampurkan dengan kuncup bunga mawar ini dapat memberikan efek positif untuk kesehatan karena mengandung antioksidan dan membantu detoksifikasi dalam tubuh. Selain itu teh bunga mawar juga mengandung vitamin E, D dan juga C yang sangat baik untuk menjaga sistem imun tubuh.

Rose tea atau teh mawar biasanya dipadukan dengan jenis black tea dengan rasa yang agak manis dan aromatik khas bunga.

3. Chamomile

Teh yang diracik dengan bunga kering chamomile menjadi salah satu yang populer di kafe ataupun butik teh. Kandungan apigenin yang terkandung dalam chamomile bisa bantu cegah peradangan dan menghambat sel kanker.

Teh chamomile juga memiliki efek rileksasi sehingga membantu Anda tidur lebih nyenyak.

4. Chrysanthemum

Juhua cha atau teh bunga krisan menjadi salah satu teh herbal yang biasa digunakan untuk terapi. Teh dengan warna kekuningan ini memiliki aroma harum ini bermanfaat untuk meredakan jerawat. Bunga krisan yang dipadukan dengan beberapa jenis bunga lain seperti melati, lily dan kembang sepatu biasanya dinamakan dengan blooming tea.

5. Osmanthus

Osmanthus merupakan bunga asli China yang banyak dijadikan sebagai paduan teh. Osmanthus dikenal dengan aroma yang kaya dan dapat membantu tekan nafsu makan. Osmanthus juga mengandung polifenol yang banyak ditemukan pada buah dan sayuran. Teh dari bunga ini memiliki sensasi rasa manis, butter dan bunga.

6. Teh Hibiscus

Bunga sepatu atau teh hibiscus berwarna merah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Racik 1 kuntum bunga hibiscus, 500 ml air, 1 batang kayu manis, dan 1 sdt gula cair.

Untuk membuatnya, hilangkan benang sari pada bunga. Kemudian rebus air hingga mendidih. Setelah itu, masukkan bunga sepatu dan kayu manis. Tutup teh selama 10 menit dan saring dalam wadah dan sajikan. (lus/odi)
FOKUS BERITA Mengenal Afternoon Tea

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com