ADVERTISEMENT

Mengenal Afternoon Tea

Tea Sandwich dan Scone, Sajian Klasik Pengiring Afternoon Tea

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 03 Agu 2016 17:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Menikmati afternoon tea tak hanya menyesap teh saja. Ada ragam jenis cake yang disediakan sebagai pendamping teh.

Afternoon tea merupakan tradisi warga Inggris yang mendunia. Semua berawal pada abad 19 ketika Anna, Duchess Bedford ke-7 terbiasa memesan teh, roti, dan kue di sore hari. Hal ini ia lakukan untuk menghalau rasa lapar sebelum jam makan malam tiba. Dari sinilah kebiasaan afternoon tea lahir.

Ritual afternoon tea tradisional diawali dengan menyantap sandwich mungil, scone dengan aneka olesan, dan ragam cake. Kepada About Food British, Elaine Lemm selaku British & Irish Food Expert menjelaskan lebih lanjut mengenai kudapan tersebut.

1. Sandwich

Sandwich pengiring afternoon tea biasanya berukuran mungil sehingga disebut finger sandwich atau tea sandwich. Dibuat dari irisan tipis roti tanpa kulit. Tampilan ini sengaja dibuat untuk menghadirkan kesan mewah. Terkadang sandwich terdiri dari pilihan roti putih dan roti cokelat. Isian yang populer adalah mentimun segar, ham dan sedikit mustard, telur dan mayonnaise, serta irisan tipis salmon dengan atau tanpa mentimun.

2. Scone

Scone adalah roti yang terbuat dari gandum, barley atau oatmeal, dan baking powder sebagai ragi. Scone lalu dipanggang hingga matang dan disajikan hangat. Untuk afternoon tea, scone biasanya disajikan setelah sandwich. Bisa dinikmati polos atau diberi olesan agar makin enak. Seperti mentega, krim, atau selai buah yang asam segar.

3. Cake atau tart


Deretan cake atau cupcake umummya disantap menjelang akhir. Semuanya pun tersaji dalam bentuk mungil. Khusus untuk cake, berasal dari potongan cake yang lebih besar. Ada pula tart yang bisa jadi pilihan. Untuk menyantapnya, Anda bisa menggunakan garpu kecil agar lebih praktis.

4. Kudapan tradisional lain

Selain kudapan di atas, warga Inggris atau Skotlandia biasanya memasukkan kudapan lokal lain dalam sesi afternoon tea. Termasuk makanan gurih seperti spicy sausage rolls yang ditujukan untuk mengimbangi rasa manis cake. Ada juga yang menyantap English muffins, eclair, dan madeline.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT