Ini 8 Rahasia Dapur Restoran China yang Perlu Anda Ketahui

Annisa Trimirasti - detikFood Rabu, 03 Agu 2016 10:49 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Restoran China mudah ditemui di penjuru dunia. Ada beberapa hal yang rupanya jadi kunci sajian enak restoran China di manapun.

Mungkin Anda penasaran mengapa rata-rata restoran China selalu dipadati pengunjung. Seorang pegawai restoran China mengungkapkan beberapa rahasianya di Reddit AMA (Ask Me Anything).

Meski tak membocorkan takaran resep dengan pasti, beberapa hal ini perlu disimak buat penggemar makanan China. Detikfood merangkumnya dari Pop Sugar (1/08).

1.Rahasia masakan China asli adalah saus
Banyak orang bilang masakan China yang dibuat sendiri tak bisa seenak buatan restoran.

Rahasia utamanya terletak pada racikan saus. Umumnya saus di restoran memakai racikan sendiri sehingga rasanya berbeda dengan suas komersial. Selain itu cara memasak dengan api besar dan cepat juga berperan penting.

2.Pakai wajan cekung
Wajan cekung atau wok digunakan di restoran China berpengaruh pada rasa masakan. Panas api bisa merata ke seluruh badan wajan dan memasak merata. Ini yang tak bisa didapat jika memasak dengan wajan datar di rumah.

3. Makanan China di Amerika Utara lebih murah
Makanan China ala Amerika Utara lebih murah karena lebih mudah dibuat. Biasanya dibuat dalam jumlah besar sehingga cepat dalam penyajian. Beda dengan makanan China asli yang butuh lebih banyak bahan dan proses yang lama.

4.Lapisan tepung pada ayam goreng
Ayam goreg umumnya memakai adonan basah. Terdiri dari air, garam , minyak , putih telur dan tepung. Ayam direndam bumbu dulu. Kemudian dibalut adonan dan digoreng hingga kering.

5.Banyak restoran China pakai gambar menu sama
Jangan kaget jika buku menu di banyak restoran China sama. Ini terjadi karena restoran dimiliki oleh perusahaan yang sama. Atau buku menu dibuat oleh perusahaan percetakan yang sama.

6. Selalu pakai MSG
Jangan percaya jika restoran bilang tidak menggunakan MSG. Karena walau mereka tidak pakai MSG langsung, kecap dan aneka saus yang dipakai sudah mengandung MSG.

7.Paling aman pesan gaya Mongolia
Hidangan Mongolia yang manis dan pedas jadi favorit banyak orang. Paling tidak disukai pemilik restoran. Jadi lebih aman memilih gaya Mongolia.

8.Jangan pernah pesan kentang goreng
Beberapa restoran China menawarkan kentang goreng. Sebaiknya jangan memesan kentang goreng atau french fries di restoran China. Karena mereka tak ahli membuatnya. (lus/odi)