ADVERTISEMENT

Bakso Gurih Enak

Gurih Kenyal Bakso Ikan yang Tinggi Protein

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 02 Agu 2016 19:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bakso tak melulu dibuat dari daging sapi. Ikan yang gurih lembut dan tinggi protein juga enak dijadikan adonan bakso.

Bakso ikan atau fish ball merupakan makanan populer di China Selatan, Hong Kong, Macau, dan Asia Tenggara. Tiap wilayah di kawasan Asia ini membuat bakso ikan dengan versi berbeda. Di wilayah Fuzhou, misalnya, bakso ikan dibuat dari adonan daging ikan berisi daging babi giling.

Sementara di Hong Kong, ada 3 jenis bakso ikan yang dijual di pasaran. Berupa bakso ikan kuning, putih, dan emas. Bakso kuning berukuran lebih kecil dan dibuat dari jenis ikan yang lebih murah. Biasanya dijual sebagai jajanan kaki lima dengan cara ditusuk.

Bakso putih ukurannya lebih besar. Dibuat hanya dari ikan, tanpa bahan campuran lain. Teksturnyapun dikabarkan lebih kenyal dengan cita rasa ikan yang lebih kuat. Karenanya sering dijadikan pelengkap mie gaya Chiuchow di restoran.

Sedangkan bakso emas kerap dijadikan camilan di Cheung Chau. Disajikan dalam ukuran kepalan tangan, jenis bakso ikan ini disantap bersama saus kari spesial. Teksturnya yang lembut berasal dari penggunaan ikan segar.

Meski berbeda versi, pada dasarnya adonan bakso ikan terdiri dari ikan, tepung, dan bumbu seperti garam dan gula. Di Indonesia, ikan tenggiri, kakap, dan kerapu adalah ikan yang paling sering dijadikan bakso.

Untuk membuatnya, fillet ikan tanpa duri dihaluskan bersama bumbu lain seperti bawang putih dan merica. Lalu dicampur bersama tepung tapioka, garam, dan kecap ikan hingga halus. Adonan bakso dibentuk bulat kecil dan direbus hingga matang.

Bakso ikan bisa dimakan langsung atau dijadikan pelengkap hidangan mie goreng, kwetiau goreng, dan cap cai. Namun kalau ingin lebih menyegarkan, bakso ikan bisa diseruput bersama kuah.


Kuah bakso ikan makin enak jika direbus bersama daging dan tulang ikan. Ini dilakukan agar cita rasanya lebih kuat. Bahan lain seperti bawang merah, garam merica, seledri, dan daun bawang lalu ditambahkan ke dalamnya.

Di Jakarta, ada beberapa penjual bakso ikan yang bisa dicoba. Salah satunya Bakso Ikan Ahan di kawasan Alam Sutera, Serpong, Tangerang. Di sini tersedia bakso ikan dan menu khas Pontianak lain seperti yong tahu, yong fuka, dan bubur ikan.

Khusus untuk bakso ikan tersedia pilihan polos dan campuran. Pada pilihan campuran, bakso ikan disajikan bersama bakso ikan isi telur asin, yong fuka, dan yong tahu.

Agar makin enak, kuah bakso ikan bisa ditambahkan kecap asin. Buat juga saus cocolan bakso ikan menggunakan cabai hijau dan perasan jeruk nipis yang tersedia di sini. Slurrp! Sedap dan segar. (lus/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT