Bakso Gurih Enak

Huah Huah! Warung Ini Sediakan Bakso Mercon yang Pedas Menggigit

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 01 Agu 2016 16:08 WIB
Foto: detikFood
FOKUS BERITA Bakso Gurih Enak
Jakarta - Bakso mercon jadi variasi bakso isi yang digemari. Dalam bulatan adonan bakso 'tersembunyi' sambal yang super pedas. Dijamin bikin keringat bercucuran!

Penikmat makanan pedas pasti tak asing dengan bakso mercon. Berupa bakso berisi cabai rawit atau sambal. Rasa pedasnya tak main-main hingga bisa membuat lidah terbakar atau keringat bercucuran saat seseorang menyantapnya.

Di Jakarta, sudah banyak warung bakso yang menjual bakso mercon atau bakso rawit. Umumnya mereka juga menjual varian bakso isi lain seperti bakso telur dan bakso keju.

Salah satu penjual bakso mercon adalah Bakso Jempolan yang berlokasi di Karet Pedurenan, Kuningan, Jakarta Selatan. Selain melayani pembelian langsung, bakso di sini bisa dipesan via aplikasi pengantaran makanan ojek online.


Seporsi bakso mercon dibanderol Rp 23.000. Terdiri dari 1 bakso besar isi sambal, 2 bakso kecil, 1 tahu, mi kuning, dan bihun. Pelengkap kuah bakso yang gurih segar dikemas terpisah.

Ukuran bakso mercon lumayan besar kira-kira seperti bakso telur. Begitu dibelah nampak sambal rawit merah memenuhi setengah permukaan bakso. Ada pula cacahan daging giling yang terselip diantaranya.

Aroma khas cabai langsung menyeruak saat bakso mercon disajikan. Aroma ini rupanya berbanding lurus dengan rasa pedas yang tak main-main. Huah! Membuat kami bercucuran keringat meski baru menyantap satu gigitan saja.

Penggunaan cabai rawit merah sepertinya jadi alasan dibalik kepedasan bakso mercon yang super. Apalagi dimasukkan dalam jumlah banyak ke dalam bakso yang empuk gurih.


Bakso keju buatan Bakso Jempolan juga menarik selera. Potongan keju cheddar yang royal terasa padat gurih. Enak dipadukan dengan daging bakso dan kuah yang segar.

Ada pula bakso telur yang bisa jadi pilihan. Meski adonan pembungkus baksonya tipis, bakso isi telur ayam ini mampu puaskan selera pencinta telur.


Selain bakso mercon, kami juga menyukai bakso urat racikan Bakso Jempolan. Urat tidak dijadikan isian melainkan adonan bakso. Karenanya tampilan bakso urat tidak semulus bakso lain. Permukaannya nampak kasar dengan cacahan urat yang menonjol.

Teksturnya yang kenyal dengan cita rasa gurih membuat siapapun ketagihan. Kalau mau lebih mantap, Anda bisa menambahkan sambal ke dalam racikan bakso urat.


Harga seluruh varian bakso isi ini sama seperti bakso mercon yaitu Rp 23.000. Disajikan bersama 2 bakso kecil, 1 tahu, mi kuning, dan bihun.

Kalau sore ini mau jajan bakso mercon yang pedas atau bakso keju yang gurih, Bakso Jempolan bisa jadi pilihan. Anda bisa mendatangi warungnya di Jalan Karet Pedurenan Nomor 9E atau pesan via ojek online.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Bakso Gurih Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com