Bakso Gurih Enak

Anda Sanggup Habiskan Bakso Super Jumbo H. Nasir Seberat 1,5 Kg?

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 01 Agu 2016 13:40 WIB
Foto: detikFood
FOKUS BERITA Bakso Gurih Enak
Jakarta - Kalau biasanya bakso yang hanya sebesar bola pingpong. Di warung bakso ini, Anda bisa menikmati bakso sebesar bola sepak dengan isian potongan daging dan urat.

Bakso merupakan jajanan populer. Karena menjadi salah satu makanan favorit, bakso semakin banyak alami inovasi mulai dari segi bentuk dan rasa. Selain itu, ukuran juga bervariasi mulai dari ukuran sebesar bola pingpong, bola tennis hingga bola sepak.

Di warung bakso milik H. M. Nasir yang berlokasi di Jalan Padjajaran No. 2 Pamulang ini Anda bisa menemukan beragam jenis bakso dengan ukruan berbeda. Mulai dari bakso kecil, tennis hingga bakso jumbo super besar.

Sejak tahun 1983, pria yang biasa disapa dengan pak haji ini mulai merintis usaha baksonya. Semakin lama, ia ingin membuat inovasi bakso yang tak dimiliki oleh warung bakso lainnya.

"Supaya beda dengan yang lain, saya berfikir untuk membuat inovasi bakso yang lebih beda. Bakso ukuran jumbo ini akhirnya yang jadi ide saya untuk menjadikan warung saya punya ciri khas," tutur H. Nasir kepada detikFood (31/07).

Dalam sehari H. Nasir membuat sekitar 20 hingga 25 porsi bakso jumbo. "Biasanya orang banyak sih yang pesan, untuk makan rame-rame gitu. Kadang langsung makan di sini tapi banyak juga yang dibungkus," jelasnya.

Diperlukan kurang lebih sekitar 750 gram daging sapi untuk membuat bakso jumbo ini. Untuk proses pembuatannya sama dengan membuat bakso pada umumnya. Daging digiling dan dicampurkan dengan tepung kanji kemudian dimasukkan ke dalam cetakan khusus.

Menurut H. Nasir, ia membutuhkan waktu dua jam untuk merebus bakso jumbo hingga matang dan kemudian disimpan. Saat dipesan, barulah bakso kembali direbus sekitar 30 menit.

Satu buah bakso berukuran jumbo yang bisa dinikmati hingga 8 orang. Satu buah baksonya dibandrol dengan harga Rp 100 ribu.

Bakso jumbo ini disajikan terpisah dengan kuahnya. Bakso seberat 1,5 kg ini direbus dan diberi guratan sehingga 'mekar' dan disajikan di atas piring lengkap dengan pisau dan garpu.

Anda bisa memilih pelengkap baksonya, tersedia mie putih, mie kuning, soun serta sayuran. Tekstur dagingnya tebal dan padat dengan isian potongan daging serta cincangan urat yang tercampur di dalamnya.

Aroma daging pada bakso juga cukup kuat. Sehingga lebih enak jika disantap dengan kuah hangat plus racikan sambal yang pedas.

H. Nasir memiliki dua cabang yaitu di daerah Pamulang, Tangerang Selatan dan Kebayoran Lama. "Yang di Kebayoran itu cabangnya. Sekarang dikelola sama anak saya," pungkas H. Nasir.

Bagi Anda yang berhasil menghabiskan satu porsi bakso jumbo ini sendirian dalam waktu 1 jam, H. Nasir akan memberikannya gratis alias tidak bayar. Bagaimana, sanggup mencoba tantangan ini?

Selain warung bakso H. Nasir, di beberapa daerah lain juga punya sajian bakso jumbo yang tak kalah enak. Seperti Bakso Raksasa di Pondok Gizi, Grogol, Bakso Klenger Surbaya, Bakso Ratusari Yogyakarta dan Bakso Setan yang berada di Puncak, Jawa Barat. (lus/odi)
FOKUS BERITA Bakso Gurih Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com