Bawang Bombay yang Tak Bikin Nangis akan Dijual di Pasaran

Maya Safira - detikFood Sabtu, 30 Jul 2016 10:28 WIB
Foto: Rocketnews24/House Foods Group
Jakarta - Terkadang memotong bawang bombay bisa memicu keluarnya air mata. Tapi kini di Jepang akan dipasarkan bawang bombay pertama di dunia tanpa memicu air mata.

Bawang bombay termasuk bahan yang sering digunakan dalam masakan. Akan tetapi bawang bombay bisa menyebabkan timbulnya air mata karena gas yang mudah menguap dikeluarkan oleh sel-sel dalam bawang ketika dipotong.

Sekarang tak perlu khawatir lagi akan masalah tersebut. Sebab peneliti Jepang telah memproduksi bawang bombay yang hampir tidak mengeluarkan gas pemicu air mata.


Pengujian selama lebih dari 20 tahun menghasilkan produk bernama Smile Ball dari perusahaan House Foods Group, lapor Rocketnews24 (29/07). Smile Ball disebut-sebut tidak membawa karakter aroma khas bawang bombay biasa. Ketika dikonsumsi mentah pun rasa manisnya mirip apel atau pir Asia nashi.

Meski begitu pengguna internet di Jepang mempertanyakan kualitas bawang bombay. Misalnya kandungan nutrisi atau bawang bombay biasa yang bisa tidak memicu tangis bila disimpan dalam kulkas.

Namun banyak juga masyarakat yang penasaran akan Smile Ball. Dalam uji coba penjualan tahun ini, bawang bombay unik ini sudah terjual habis di pusat perbelanjaan dan toko online sekitar Tokyo. Penjualan hampir mencapai 5 ton!


Pada musim gugur mendatang, Smile Ball akan dijual di seluruh Jepang. Walau belum ada tanggal spesifik peluncurannya.

Kabarnya bawang bombay akan dijual seharga 450 yen (Rp 58.000) untuk satu pak berisi dua buah bawang. Harga ini hampir dua kali lipat dari bawang bombay biasa.

Adapun pada tahun 2002, peneliti House Foods Group menerbitkan makalah penelitian yang menghasilkan hipotesis bahwa enzim pemicu air mata dalam bawang bombay bisa melemah namun bawang tetap kaya rasa dan nilai nutrisi. Tahun lalu perusahaan mengumumkan bahwa teori mereka menjadi kenyataan.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com