Bakso Gurih Enak

Kenyal Harum Bakso Bakar dengan Siraman Saus Pedas Gurih

Maya Safira - detikFood Jumat, 29 Jul 2016 15:13 WIB
Foto: Detikfood/Detiktravel
FOKUS BERITA Bakso Gurih Enak
Jakarta - Bakso tak cuma enak disuap bersama kuah. Ada juga variasi bakso bakar yang dicocol dengan saus kacang.

Selama ini bakso terkenal akan rendaman kuah yang gurih hangat. Ini salah satu faktor pembuat bakso terasa nikmat.

Tapi ternyata bakso juga enak diolah dengan cara bakar. Setelah dibumbui kecap dan saus, bakso ditusuk kemudian dibakar layaknya sate. Pendampingnya ada saus kacang atau kecap. Biasa kuah kaldu tetap disajikan terpisah dalam mangkuk lain.

Hidangan bakso bakar seperti itu terkenal di Malang. Ada berbagai pilihan bakso bakar di sana. Menggunakan jenis bakso halus atau kasar dengan aneka bumbu.



Bakso Bakar Pak Man konon jadi yang pertama membuat menu bakso bakar di Malang. Kemunculannya karena kejadian tak terduga. Saat itu ada bakso yang terjatuh dan terbakar tungku api. Ketika dicoba rasanya enak. Akhirnya bakso bakar jadi menu andalan tempat itu.

Bakso Bakar Pak Man dan beberapa gerai bakso bakar lainnya di Malang, biasa menyediakan pilihan tingkat pedas bakso. Misalnya tidak pedas, sedang atau pedas.

Bakso bakar tak cuma ada di Malang. Banyak juga pedagang bakso di kota lainnya ikut menjaja bakso bakar. Putra Arema di Depok termasuk diantaranya.

Rumah makan menyediakan bakso bakar dengan tusukan bambu mirip sate. Pelengkapnya berupa potongan ketupat, acar, jeruk limau, saus kacang dan taburan bawang goreng. Semangkuk kuah kaldu tak ketinggalan dari sajian ini.

Mengenai citarasa, bakso bakar punya tekstur empuk kenyal. Bumbu yang dipakai untuk olesan bakar membuat citarasa bakso lebih gurih.



Guyuran saus kacang atau kecap memberi sensasi makin enak pada bakso. Bagi penyuka pedas, tinggal tambah sambal yang umumnya tersedia.

Makan bakso bakar makin sempurna sambil menyeruput kuah kaldu hangat. Tentu jadi pengalaman berbeda dibanding santap bakso dengan kuah biasanya.

Jika tertarik membuat bakso bakar sendiri juga bisa. Manfaatkan saja bakso segar dan ikuti langkah ini. (msa/odi)
FOKUS BERITA Bakso Gurih Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com