Bekal Sekolah Sehat

Agar Tak Bosan, Buatlah Aneka Kreasi Mie yang Enak Ini untuk Bekal

Maya Safira - detikFood
Kamis, 21 Jul 2016 18:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Mie jadi salah satu pilihan praktis dan enak untuk bekal sekolah anak. Selain olahan mie goreng, ada banyak kreasi lainnya yang bisa dibuat.

Mie goreng kerap jadi kreasi mudah untuk bekal anak. Mie telur tinggal dicampurkan dengan bakso, daging atau sayuran. Tapi ide bekal tak terbatas pada mie goreng. Seperti ide olahan mie berikut ini.

1. Casserole mie



Untuk membuat casserole mie, buat tumisan dari bawang bombay, tomat, dan saus krim. Tambahkan mie, aduk rata. Pindahkan adonan mie ke wadah tahan panas. Taburkan keju dipermukaan mie. Panggang sampai matang dan keju meleleh. Sebagai variasi, bisa diberi potongan brokoli, jagung, jamur atau sosis.

2. Omelet mie



Dalam sebuah mangkuk, kocok telur lalu masukkan mie. Aduk sampai seluruh bagian mie tertutup telur. Tambahkan garam dan merica. Kemudian panas minyak dalam wajan. Goreng kedua bagian adonan omelet mie. Masak sampai permukaannya kecokelatan dan bagian tengahnya matang. Sajikan bersama saus tomat.

3. Udang gulung mie



Sajian ini cocok untuk lauk atau camilan pada bekal. Marinasi udang dengan garam, merica, bawang putih dan air lemon. Lalu gulung mie menutupi seluruh bagian udang, kecuali ekor. Goreng dalam minyak hingga kecokelatan. Udang mie enak dicocol bersama mayonnaise.

4. Lumpia mie



Lumpia mie bisa jadi pilihan camilan. Anda bisa menumis mie bersama irisan wortel, daging cincang, bawang putih, dan garam. Kemudian isi kulit lumpia dengan tumisan mie. Goreng sampai kulit lumpia cokelat keemasan. (msa/odi)