Penggemar Sushi Perlu Tahu Rahasia Soal Sushi dari Para Sushi Chef Ini (2)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 16 Jul 2016 11:56 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menyiapkan sushi ternyata tidaklah mudah. Para sushi chef perlu bertahun-tahun mempelajari tekniknya hingga bisa membuat sushi lezat.

Para sushi chef profesional di Amerika Serikat mengungkapkan rumitnya pekerjaan mereka. Mereka menjelaskan memilih dan memasak nasi sushi saja ada tekniknya. Tak heran jika perlu waktu bertahun-tahun untuk jadi sushi chef handal. Serba-serbi lain seputar sushi berikut juga menarik untuk diketahui.

8. Memasak tiap bulir beras
Sushi chef yang kurang berpengalaman sering kali memasak semua nasi bersamaan sehingga teksturnya lengket. "Kami tentu ingin tiap bulir beras matang bersamaan," jelas Kitamura. Cole menekankan tiap bulir beras harus dalam bentuk aslinya dan tidak boleh patah. Ia pun selalu mengaduk nasi dengan handuk basah. "Secara tradisional digunakan spatula kayu untuk mencampur cuka ke dalam nasi, tapi jika salah melakukanya maka kualitas nasi akan buruk," jelas Cole.

9. Tamu adalah raja



"Sushi chef itu seperti gabungan bartender dengan pemahat ikan," ujar Cole. Keramahtamahan dalam menyajikan tiap potongan sushi dipersiapkan baik untuk pelanggan dan dengan menghadirkan keakraban meski di dapur terbuka. Sushi chef berkualitas tentu memahami selera tamu mereka dan menyajikan sushi tanpa kesombongan. "Sushi chef terbaik menangani tiap pelanggan secara individual. Layaknya seorang dokter gigi atau penata rambut," ujar Kitamura.

10. Tak ragu berbagi ilmu



Iron Chef Masaharu Morimoto berujar, "Misi saya adalah membuat orang-orang tahu dan menikmati kebudayaan kami, termasuk seni membuat dan memakan sushi. Sushi chef terbaik memiliki mental dan semangat seperti ini." Elemen penting dari posisi seorang sushi chef yang layaknya duta besar adalah menjelaskan teknik pembuatan sushi. Hal ini membantu pelanggan memahami seberapa serius membuat sushi.

11. Pisau sushi
Pisau sushi paling bagus terbuat dari besi, bukan stainless steel. Pisau ini biasanya dibuat dengan teknik serupa membuat pisau samurai. Tiap jenis pisau sushi juga punya fungsi tertentu. Menurut Cole tiap sushi chef profesional memahami kapan dan bagaimana menggunakannya. "
Kami tidak akan menggunakan pisau tajam untuk memotong daging dekat tulang karena daging ini sangat lembut," jelas Cole.

12. Ketajaman pisau



Menjaga pisau tetap tajam sangat penting bagi seorang sushi chef. "Kami selalu menajamkan pisau setiap hari sebelum membuka restoran," ujar Katsunori Kawaguchi dari Mozen Bistro. Pisau tajam memastikan tiap potongan dihasilkan dari tenaga selembut mungkin. "Jika Anda menggunakan terlalu banyak tekanan saat memotong maka tekstur sushi akan terpengaruh," tutur Kawaguchi.

13. Sumber ikan



Ketika menyiapkan ikan mentah, maka kesegaran dan kualitas ikan haruslah bagus. "Membeli ikan dari penjual bereputasi baik dan terpercaya adalah kunci menghasilkan sushi enak," jelas Kawaguchi. Sebagian besar restoran sushi ternama bahkan mengimpor ikan langsung dari pasar ikan Tsukiji. Kosuaka mengatakan, "Saya biasanya mencari kelebihan dari tiap penjual. Jadi saya menggunakan penjual A untuk tuna, penjual B untuk sea urchin, dan sebagainya." (msa/odi)