Manis Gurih Tavuk Gogsu, Puding dari Daging Ayam Khas Turki

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 10 Jul 2016 09:31 WIB
Foto: Oddity Central
Jakarta - Turki punya puding unik yang dibuat dari daging dada ayam. Rasanya manis gurih dengan tekstur creamy. Nyamm!

Puding umumnya dibuat dari agar dan susu. Tetapi di Turki ada puding yang dibuat daging dada ayam bernama tavuk göğsü. Kabarnya puding unik ini tercipta saat sultan Kerajaan Ottoman menginginkan makanan manis di malam hari. Para juru masak di Istana Topkapi pun berusaha memenuhi permintaan sang sultan dengan hanya memanfaatkan satu-satunya bahan makanan yang tersisa di dapur yaitu dada ayam.

Legenda ini tak serta merta dipercayai semua orang. Beberapa warga Turki tidak mempercayainya. Mereka menganggap tidak ada satupun daging ayam dalam bahan pembuatan puding.

Di sisi lain, para ahli masak tavuk göğsü meluruskan mereka yang tidak percaya legenda ini tidak menyadari keberadaan daging karena memang daging dipotong-potong sangat kecil sebelum diolah. Daging dada ayam lalu direbus hingga larut dalam puding. Tujuannya agar tavuk göğsü memiliki tekstur berbeda dibanding puding biasa.



Salah satu restoran yang menyajikan tavuk göğsü adalah Özkonak di Istanbul. Chef Hamdi Bey telah membuat puding ini selama 5 dekade terakhir. Kepada Munchies France (6/7), ia membagi resep dan cara pembuatan tavuk göğsü. Sebelumnya ia menekankan dessert ini bukan jenis yang bisa dibuat sendiri di rumah.

"Pada dasarnya, Anda perlu merebus tiga liter susu dan setengah kilo gram gula. Untuk dada ayam tidak bisa menggunakan produk supermarket. Anda harus pergi ke peternakannya. Lalu masukkan dada ayam ke panci besar berisi susu setelah dingin. Gunakan sendok kayu besar untuk menumbuk daging hingga jadi potongan sangat kecil dan larut," ujar Hamdi.

Ia menambahkan, "Setelah itu panaskan adonan puding selama 20 menit di atas kompor gas. Tuang ke nampan metal dimana puding nanti dipotong. Menurut Hamdi, jumlah gula yang digunakan bergantung pada bahan-bahan lain seperti lemak susu atau tekstur daging ayam. Salah satu pegawai Özkonak mengatakan membuat tavuk göğsü di rumah hampir tidak mungkin.

"Proses pembuatannya sangat teknis dan lama, Anda perlu peralatan khusus. Hampir tidak mungkin membuat tavuk göğsü yang enak di rumah. Jadi kebanyakan orang membeli di sini dan menikmatinya di rumah," jelas sang pegawai.


Meski puding dada ayam ini sudah ada sejak lama, tavuk göğsü dianggap makanan tak biasa bahkan oleh warga Turki sendiri. Memakan dessert berbahan daging ayam tampak tak menarik bagi banyak orang, tetapi mereka yang sudah mencobanya mengatakan sangat mudah melupakan adanya daging ayam dalam bahan pembuatan puding.

"Jelas terasa aneh di awal, tetapi Anda hanya perlu merasakannya dan melupakan bahan tak biasa tersebut," ujar Volkan, warga Turki-Amerika yang kini jadi pelanggan Özkonak.

Lalu bagaimana jika Anda tidak tahu ada daging ayam dalam puding? Kebanyakan warga Turki mengisengi temannya dengan mengajak makan tavuk göğsü. Kebanyakan dari mereka mengatakan dessert ini enak. Sampai tiba pada saatnya mereka diberitahu puding ini dibuat dari daging ayam, beberapa orang mual dan tidak mau melanjutkan makan. (adr/odi)