Mau Membekukan Makanan? Perhatikan 4 Hal Penting Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 08 Jul 2016 12:11 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Punya sisa makanan lebaran dan ingin menyimpan di freezer? Kualitasnya tetap baik asal perhatikan beberapa hal penting ini.

Menurut survei dari 1500 konsumen oleh Food Standards Agency (FSA) ada 43 % yang berpikir bahwa makanan hanya boleh dibekukan pada hari pembelian saja agar tetap aman. Sedangkan 38 % lainnya mengatakan bahwa membekukan daging setelah dimasak itu berbahaya dan 36 % percaya makanan beku bisa menjadi tidak aman di dalam freezer.

Tidak satupun dari pernyataan tersebut benar. Justru dengan mempercayai hal tersebut makanan banyak yang berakhir di tempat sampah. FSA memperkirakan bahwa sebanyak 4,2 juta ton yang berarti sama dengan sampah rumah tangga 6 kali makan dalam seminggu dihasilkan karena mereka tidak tahu cara membekukan makanan yang aman.

Dikutip dari The Guardian (04/07), berikut ini adalah cara untuk membekukan makanan yang aman sehingga kualitasnya tetap terjaga.

1. Pembekuan



Membekukan daging dan ikan mentah sampai dengan tanggal penggunaan. Tak ada pedoman menyebutkan bahwa makanan harus dibekukan pada hari pembelian. Karena jika menyimpannya dalam freezer, maka daging akan tahan lama hingga berbulan-bulan dan tetap berkualitas saat dilumerkan.

2. Daya simpan



Biasanya makanan dapat dibekukan selama tiga sampai enam bulan. Sebagian besar jenis bakteri menjadi tidak aktif selama pembekuan karena suhu rendah dan berkurangnya kandungan air. Sebagai juru bicara FSA katakan, freezer adalah "seperti tombol pause", sehingga makanan yang dibekukan terus tanpa batas waktu tetap aman.

Akan tetapi rasa dan tekstur akan meburuk dari waktu ke waktu karena kerusakan yang disebabkan oleh es kristal. Jangka waktu yang direkomendasikan adalah tiga sampai enam bulan agar kualitas baik rasa dan tekstur tetap terjaga.

3. Pelumeran



Jika suhu lebih hangat, bakteri mungkin saja ada sehingga dalam proses pelumeran makanan sebaiknya dilakukan perlahan-lahan dalam keadaan dingin semalaman di lemari es. Kemudian masak dalam jangka waktu tidak lebih dari 24 jam.

4. Bekukan kembali



Dapatkah Anda membekukan kembali makanan? Bisa tidak dan ya. Karena makanan yang dibekukan kembali memiliki risiko lebih tinggi dan bisa menyebabkan keracunan makanan karena bakteri berkembang biak selama proses pelumeran. Akan tetapi jika Anda mengolah ayam dengan membuat kari, bakteri akan mati selama proses pemanasan dan Anda dapat membekukannya lagi setelah sajian ini dingin.

Sehingga bisa dikatakan bahwa tidak hanya bahan makanan segar yang bisa dibekukan. Akan tetapi hidangan yang sudah matang juga bisa Anda bekukan agar lebih tahan lama. (msa/odi)