Sajian Ketupat Lezat

Yuk, Buat Serundeng Ebi yang Gurih Renyah untuk Pelengkap Ketupat!

Maya Safira - detikFood Senin, 04 Jul 2016 13:51 WIB
Foto: pbase/getty images
FOKUS BERITA Sajian Ketupat Lezat
Jakarta - Paling enak menyantap ketupat dengan serundeng. Jika ingin tambahan rasa, masukkan saja ebi ke dalam serundeng. Renyah gurih!

Serundeng dari kelapa parut jadi salah satu jodoh ketupat. Tambahannya memberi rasa gurih manis sekaligus sensasi renyah. Serundeng juga mudah divariasikan dengan ebi, daging, teri dan lainnya. Nah, lebaran kali ini coba saja buat serundeng ebi yang harum. Tertarik mencoba? Ikuti langkah berikut.

1. Siapkan bahan


Untuk membuat serundeng diperlukan 1 butir kelapa sedang, kupas, 50 gr ebi, 3 lembar daun jeruk iris kasar, 1 lembar daun salam, dan 1 cm lengkuas memarkan.

Buat bumbu halus dari 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 buah cabai merah, 1 cm kunyit, 1 sdt ketumbar, 1 sdt garam, dan 50 gr gula merah sisir halus,

2. Parut kelapa


Kupas bersih kelapa yang muda tapi agak sedikit keras teksturnya. Lalu bilas dengan air sampai lendir di bagian dalamnya larut, tiriskan. Parut kelapa dengan arah vertikal atau memanjang memakai parutan tajam supaya seratnya memanjang.

3. Campur bahan


Foto: wikipedia
Rendam ebi dalam air panas hingga lunak, tiriskan. Kemudian tumbuk halus ebi. Campur ebi bersama kelapa parut dan bumbu halus. Tambahkan daun jeruk, daun salam dan lengkuas. Aduk rata.

4. Sangrai


Siapkan wajan besi, panaskan di atas api sedang. Masukkan campuran bahan ke dalam wajan. Aduk terus sampai kelapa dan ebi mengering sekaligus wangi. Jika terlalu panas, kecilkan api. Jangan gunakan api besar karena membuat serundeng mudah hangus. Setelah kuning merata dan kering, angkat serundeng, dinginkan.

5. Sajikan


Foto: wikipedia
Simpan serundeng dalam wadah tertutup. Sajikan sebagai taburan ketupat. Sisanya bisa tahan disimpan sampai satu bulan.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Ketupat Lezat

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com