Sajian Ketupat Lezat

Bosan Ayam? Rendang dan Semur Daging Juga Enak Jadi Lauk Ketupat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 04 Jul 2016 13:06 WIB
Foto: detikFood
FOKUS BERITA Sajian Ketupat Lezat
Jakarta - Lebaran terasa makin lengkap dengan sajian tradisional daging dan jeroan sapi yang sedap. Ada rendang, kalio, hingga dendeng yang gurih empuk.

Olahan daging dan jeroan sapi bisa jadi alternatif lauk lebaran selain ayam. Rasanya enak dan membuatnya sendiri pun mudah. Resep detikFood (4/7) berikut bisa jadi panduan Anda berkreasi di dapur besok.

1. Rendang Padang

Sajian khas Minang seperti rendang cocok jadi lauk pendamping ketupat. Olahan daging ini rasanya gurih pedas dengan baluran bumbu pekat yang sedap berempah. Meski memasaknya agak lama, rasanya yang enak dijamin puaskan selera. Apalagi rendang termasuk lauk yang awet untuk beberapa hari ke depan. Bisa jadi suguhan tamu di hari berikutnya. Yuk bikin rendang Padang dengan mengintip resep ini.

2. Pindang iga


Jika ingin menyiasati harga daging yang tinggi, Anda bisa membuat olahan iga sebagai alternatifnya. Ada pindang iga yang terdiri dari potongan iga empuk dengan kuah yang hangat-hangat gurih. Penggunaan bumbu rempah yang komplet dan tambahan cabai membuat sajian ini mampu segarkan badan. Lihat resep berikut untuk mengintip bahan dan langkah membuatnya.

3. Semur Betawi

Semur Betawi yang gurih-gurih manis juga enak dijadikan teman pelengkap ketupat. Aromanya yang wangi dengan tekstur daging yang empuk jadi kunci kelezatan sajian ini. Tambahan potongan kentang goreng didalam semur daging turut membuat rasanya makin mantap. Tak percaya? Buat saja semur Betawi dengan melihat resep ini.

4. Kalio hati sapi


Selain rendang, Minang juga punya kalio yang cocok jadi menu hari raya. Kuahnya gurih kental sehingga cocok jadi teman makan ketupat. Isiannya bisa berupa hati sapi yang empuk gurih. Menu ini mampu mengakali harga daging sapi yang tinggi. Mari membuat kalio hati sapi dengan melihat resep lengkapnya di sini.

5. Dendeng balado basah


Suka olahan daging sapi yang pedas? Dendeng balado basah bisa jadi pilihan. Dendeng khas Maninjau ini rasanya tak kalah enak dengan dendeng versi kering. Gurih empuk dengan siraman bumbu cabai yang pedas. Sedap! Lihat resep lengkapnya di sini.

6. Tumis daging bumbu sate


Kalau suka sate namun tak ingin repot memakannya, Anda bisa membuat tumis daging bumbu sate. Daging berbumbu dimatangkan terlebih dahulu lalu dihangatkan kembali sesaat sebelum disajikan. Tumis daging bumbu sate yang gurih sedap makin enak disantap bersama acar timun wortel dan bawang merah goreng. Mau membuatnya? Lihat resep berikut sebagai panduan.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sajian Ketupat Lezat

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com