Tanpa Pembantu, Ini Trik Memasak Sendiri yang Praktis

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 30 Jun 2016 14:29 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Tanpa asisten rumahtangga berarti cara memasak juga harus disesuaikan. Gunakan trik ini untuk menyiasati agar tak repot.

Terlihat sepele tetapi pekerjaan memasak dan beberes di dapur bisa jadi melelahkan dan merepotkan. Terus menerus beli makanan jadi juga membosankan, kurang sehat dan boros.

Beberapa strategi sederhana ini bisa diaplikasikan agar pekerjaan memproduksi makanan untuk keluarga tak merepotkan. Terutama saat asisten rumahtangga mudik.

1.Stok bahan makanan secukupnya
Jelang hari raya, selain kebutuhan untuk makan bersama keluarga dan tamu, cobalah buat stok bahan makanan secukupnya. Ini untuk antisipasi seusai lebaran. Untuk sayuran, pilih jenis sayuran yang tahan lama seperti wortel, kol, buncis, kembang kol, kentang dan tomat. Jika bisa siapkan juga rempah basah berupa bumbu dapur secukupnya saja. Bisa yang utuh atau bumbu dapur segar seperti cabai giling atau bawang giling.

2.Bikin menu praktis
Agar tidak berkali-kali memasak dan tidak membuang waktu lama di dapur, pilihlah menu yang praktis. Bisa disajikan untuk makan siang sekaligus makan malam. Jika tak ada asisten, jangan berambisi masak banyak jenis masakan atau mencoba resep baru.

Maksimal 3 jenis masakan saja. Misalnya, sup ayam, tumis buncis dan perkedel kornet. Bagi langsung menjadi dua. Satu bagian untuk disajikan siang dan sebagian untuk malam. Untuk makan malam bisa ditambah dengan tahu goreng atau martabak yang bisa dibeli jadi. Usahakan untuk tidak menyisakan nasi dan lauk agar Anda tak perlu menghangatkan lagi.

3.Hemat memakai peralatan dapur
Mencuci peralatan masak bisa jadi memakan waktu dan tenaga. Karenanya perhitungkan pemakaian panci, wajan, dan alat-alat dapur secara efisien. Misalnya, menumis bumbu sup langsung di dalam pancinya sehingga tak perlu memakai wajan. Gunakan wajan yang sama untuk menggoreng dulu kemudian untuk menumis.

Perhatikan juga urutan memasaknya. Masak bahan makanan yang perlu digoreng sekaligus berurutan sehingga tak harus berganti-ganti wajan. Manfaatkan rice cooker sekaligus untuk mengukus. Dengan cara ini Anda tak perlu memakai kukusan.

4.Buat dapur lebih nyaman dan bersih
Kini saatnya Anda menjadi ratu di dapur. Atur kembali peralatan, buang yang sudah rusak dan tak kayak pakai. Ganti beberapa dengan yang baru. Cobalah ganti warna serbet di dapur. Percantik sudutnya dengan tanaman plastik yang gampang dibersihkan. Sentuhan warna terang akan membuat dapur terlihat bersih.

Putarlah musik atau nyalakan TV di dekat dapur saat Anda sedang bekerja. Agar suasana lebih menyenangkan dan pekerjaan terasa ringan. Anda terhibur juga bekerja bisa lebih cepat.

5.Tata dan bersihkan kulkas
Kulkas akan jadi pusat penyimpanan makanan. Karena kue lebaran dan beberapa stok makanan akan disimpan di dalam kulkas. Bersihkan kulkas beberapa hari sebelum lebaran dan belanja stok. Buang makanan yang tak layak makan. Lap seluruh kulkas dengan air hangat dan keringkan. Tata kembali makanan dengan urutan yang sering dimakan di depan dan makanan stok di bagian belakang. Tempelkan sticker agar mudah dikenali. Jika kulkas bersih dan rapi Anda tak akan repot menaruh makanan dan mengaturnya. Mengambilnya juga akan lebih mudah. (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com