Kue Lebaran Lezat

Kalau Ingin Bikin Cookies Dalam Jumlah Banyak, Perhatikan 5 Hal Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 28 Jun 2016 16:04 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kue buatan sendiri tentu lebih memuaskan. Jika berencana membuat sendiri kue kering untuk lebaran, ada beberapa hal penting yang perlu Anda cermati.

Membuat kue kering dalam jumlah banyak tentu perlu persiapan. Tak sekedar belanja bahan tetapi tahapan pembuatan perlu lebih dicermati agar kue bisa sukses dibuat dan siap pada waktunya.

1.Pelajari resep dan takaran
Pilih dahulu resep yang sudah teruji yang Anda miliki. Sebaiknya pilih resep yang sudah pernah Anda buat beberapa kali. Jika akan membuat dalam jumlah banyak jangan memakai resep baru. Karena akan memakan waktu dan juga belanja bahan yang lebih cermat.

Hitung dengan tepat takaran pada resep. Misalnya gunakan takaran cup saja atau gram saja. Perhitungkan dengan jumlah kue kering yang akan Anda buat. Takaran ini akan memudahkan Anda menghitung jumlah bahan.

2.Belanja bahan
Belanjalah di tempat yang sudah cukup Anda kenal. Agar lebih menghemat waktu. Buat daftar belanja dengan menghitung cermat bahan-bahan yang diperlukan.

Misalnya, per resep diperlukan 250 gram tepung terigu dan Anda akan membuat 3 resep, maka kalikan langsung. Jangan lupa tambahkan ekstra bahan untuk cadangan jika ternyata perlu menambah atau mengganti resep.

Cek dengan cermat jumlah bahan agar tak ada yang tertinggal atau kurang. Karena akan mengganggu proses pembuatan kue.

Untuk mendapatkan cookies yang enak sebaiknya gunakan bahan berkualitas. Hindari pemakaian bahan aditif seperti perisa, perenyah atau pengempuk kue.

3.Persiapkan loyang
Pastikan loyang yang Anda miliki ukurannya pas dengan ukuran oven. Selain itu juga loyang yang sesuai untuk kue kering.

Hitung jumlah loyang. Minimal ada 4 loyang berukuran sama yang bisa dipakai bergantian. Ketika satu loyang masuk oven, ada loyang lain yang sudah siap. Loyang harus dingin benar sebelum dipakai untuk menaruh adonan kue baru.

4.Panggang bertahap
Meskipun membuat adonan kue kering 2 atau 3 kali resep, Anda bisa memanggangnya bertahap. Cukup siapkan adonan kue yang akan dicetak dan dipanggang.

Taruh sisa adonan kue yang belum dibentuk ke dalam wadah bertutup rapat. Simpan dalam lemari es. Adonan akan menjadi lebih kokoh dan mudah dibentuk jika dalam keadaan dingin. Tak perlu terburu-buru memanggangnya. Asal sudah dikemas rapi dan tertutup adonan kue tetap tahan disimpan 1-2 hari.

5. Siapkan kemasan
Banyak jenis dan bentuk stoples kue kering di pasaran. Yang paling umum adalah yang dibuat dari plastik dan dijual per boks besar. Stoples jenis ini harus direkatkan lagi dengan selotip.

Bisa juga dipakai stoples kaca dengan tutup ulir yang kedap udara. Atau stoples akrilik dengan tutup kedap udara. Hiasi stoples dengan pita atau pita ketupat hingga lebih menarik. (lus/odi)