ADVERTISEMENT

Lakukan 5 Hal Kecil Ini Agar Dapur Tetap Bersih dan Rapi

Odilia Winneke Setiawati - detikFood
Senin, 27 Jun 2016 11:49 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Pekerjaan sepele bisa jadi tak selesai dan membuat dapur berantakan. Mulailah membiasakan diri membereskan hal-hal kecil meski tanpa pembantu.

Membuat kue dan memasak akan menjadi fokus Anda di minggu-minggu ini. Jika asisten rumahtangga sudah mulai mudik, mulailah membiasakan diri membereskan beberapa hal yang mungkin selama ini terlhat sepele.

Libatkan anggota keluarga dengan hal-hal ini agar saat tak ada asisten di rumah. Agar dapur dan rumah tetap bersih dan rapi.

1.Jangan biarkan piring menumpuk di bak cucian


Kalau biasanya ada yang membereskan cucian piring, kini biasakan langsung mencuci peralatan makan dan masak usai dipakai. Jangan biarkan menumpuk.

Tumpukan alat makan dan masak akan membuat Anda semakin malas karena terlihat banyak dan makan waktu untuk membereskan.

Setelah dicuci, tiriskan dan keringkan. Langsung kembalikan ke tempat semula agar tak bingung mencarinya. Karena urusan ini biasa dikerjakan oleh asisten rumahtangga.

2.Besihkan lantai dan kompor setiap hari
Serpihan kulit bawang, remahan roti dan keju atau ceceran air dan minyak selalu ada di lantai dapur. Usai memasak, segeralah menyapu dan mengepel lantai dapur.

Angkat semua kursi dan barang di dpaur saat menyapu, buang sampah yang ada di dapur. Ini untuk menghindari semut dan serangga berdatangan di dapur.

Bersihkan juga tungku kompor, penutup dan bodi kompor dengan lap yang dicelup larutan air sabun hangat. Bilas dan lap hingga kering. Jika ditunda kerak akan mengeras dan makin sulit dibersihkan serta nyala api tidak maksimal.

3.Rapikan dan kembalikan barang pada tempatnya


Selain terlihat berantakan, tidak mengembalikan barang pada tempatnya akan membuat Anda repot mencari saat memerlukannya. Mulai dari pisau, bukaan kaleng, gunting dapur hingga peralatan masak lainnya.

Sembil mengembalikan barang-barang pada tempatnya Anda juga bisa mengecek kondisinya. Pastikan semua peralatan bisa dipakai. Jika perlu belilah pengganti yang baru.

4. Masak secukupnya
Jangan merepotkan diri dengan menghangatkan kembali masakan. Karena semua harus Anda kerjakan sendiri, mulailah menghitung porsi makanan lebih cermat.

Hitung persis berapa orang yang akan berbuka dan sahur di rumah. Pastikan jumlah nasi dan lauk cukup untuk dua kali makan.

Dengan cara ini Anda tak terbebani pekerjaan harus menghangatkan kembali makanan atau menyimpannya.
Habiskan stok bahan makanan di kulkas. Makanan yang disajikan akan selalu segar dan baru.

5. Habiskan sisa bahan makanan di kulkas


Sebelum pergi berbelanja cek dengan teliti bahan makanan yang ada di kulkas. Buat menu yang sesuai dengan sisa bahan yang ada agar habis dikonsumsi. Misalnya, masih banyak sisa tomat, buatlah spaghetti atau sup tomat.

Dengan cara ini bahan makanan selalu segar, tak ada yag terbuang dan Anda tak perlu repot selalu membereskan isi kulkas. Belanja bahan makanan secukupnya, sebanyak yang akan dikonsumsi.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT