Yuk, Bikin Pastel Isi Bihun yang Gurih Enak untuk Berbuka Puasa!

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 22 Jun 2016 14:29 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bagi sebagian orang, berbuka puasa tak lengkap tanpa gorengan. Pastel berkulit renyah dengan isian bihun ini bisa jadi sajian takjil gurih yang enak.

Agar terjamin kesehatannya, Anda dapat membuat gorengan sendiri. Berikut ini beberapa bahan dan cara pembuatan pastel yang mudah dan enak bisa Anda praktekkan di rumah.

1. Bahan
Untuk kulitnya siapkan 250 gram tepung terigu protein sedang, 30 gram margarin, 50 ml air, 1 butir telur dan garam secukupnya serta minyak untuk menggoreng.

Untuk isiannya 3 butir telur rebus (potong jadi 4), 50 gram dada ayam fillet (rebus dan potong kecil), 200 gram bihun, seduh hingga lunak, 1 buah wortel, potong kecil dan1/2 buah kentang, potong kecil.

Sebagai bumbunya, haluskan 6 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih, 1/4 sdt merica butiran dan 1 sdt garam.

2. Tumis bumbu dan isian
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan potongan kentang, wortel dan ayam, aduk hingga setengah layu. Tambahkan garam, gula dan merica, masak hingga matang. Setelah itu, masukkan bihun dan aduk hingga rata.

3. Buat kulit
Aduk semua bahan kulit hingga tercampur dengan rata dan kalis. Giling adonan dengan alat penggiling mie. Mulailah dengan ketebalan no. 1 paling tebal dan giling kembali hingga ketebalan paling tipis no. 5.

Setelah itu potong adonan kulit yang sudah tipis dengan cetakan bundar diameter sekitar 9 cm. Tambahkan tumisan isi dan sepotong telur, lipat dua dan pilin kelilingnya hingga rapat.

4. Goreng
Panaskan minyak di atas api sedang hingga panas. Masukkan pastel dan goreng hingga kecokelatan dan kering.

5. Sajikan
Sajikan pastel hangat-hangat dengan cocolan saus sambal ataupun bumbu kacang agar semakin enak! (lus/odi)