Alarm Ini Bisa Membangunkan Anda dengan Aroma Harum Kopi

Maya Safira - detikFood Jumat, 10 Jun 2016 06:29 WIB
Foto: Barisieur
Jakarta - Bangun tidur karena bunyi bising alarm mungkin mengagetkan. Tapi dengan alarm ini, saat bangun akan tercium aroma wangi seduhan kopi!

Barisieur merupakan pembuat mesin kopi atau teh otomatis yang sekaligus berfungsi sebagai alarm. Jam ini bisa membangunkan Anda karena suara air mendidih dan aroma segar kopi atau daun teh.

"Kreasi ini mendorong ritual membangun sebuah rutinitas sebelum tidur, memberi sinyal pada tubuh dan pikiran bahwa sekarang saatnya beristirahat dan rileks. Kopi atau teh segar dipakai sebagai sebuah relaksasi aromatik alami sepanjang malam kemudian menstimulasi pengguna di pagi hari setelah diseduh," ungkap Joshua Renouf, pencipta Barisieur, seperti dilansir dari Oddity Central (08/06).

Alat ini berupa pemanas induksi dan beberapa bantalan bola baja pada bagian bawah sebuah gelas kaca, Barisieur memanaskan air sampai 94 derajat Celcius. Tekanan uap yang dihasilkan memaksa air keluar bergerak ke penyaring stainless steel, tempat kopi atau teh berada. Kopi dan tehpun terseduh dengan sempurna.

Alarm sekaligus pembuat kopi otomatis itu juga dilengkapi peltier cooler untuk segelas kecil susu. Begitu juga laci kecil untuk menaruh gula dan keperluan lainnya. Bariesieur, kombinasi dari "barista" dan "connoisseur", tampak sederhana pemakaiannya dan mudah dipakai sehari-hari. Selain itu mudah dicuci dan cukup aman, sebab permukaan pemanas tetap dingin karena induksi.

Adapun Barisieur pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014. Namun Renouf dan tim menghabiskan dua tahun terakhir untuk menyempurnakan desain dan fiturnya. Supaya layak untuk produksi massal. Kini desainernya telah meluncurkan kampanye penggalangan dana di Kickstarter sebesar 380.000 Pound (Rp 7,3 milyar). Pendukung dapat membeli alarm unik tersebut dengan harga 265 Pound (Rp 5,1 juta) dan diskon bagi yang paling cepat membeli.

Saat ini proyek telah berhasil mengumpulkan 200.623 Pound (Rp 3,8 milyar) dengan sisa waktu 16 hari. Jika tertarik bangun tidur dengan segelas kopi tiap harinya, tampaknya Anda harus bersabar. Proses manufaktur untuk jam Barisieur akan memerlukan waktu satu tahun. Kemungkinan akan dipasarkan pada Juni 2017. (odi/odi)