Belanja Ramadan

Ini 6 Strategi Belanja Cermat di Supermarket

Maya Safira - detikFood Minggu, 05 Jun 2016 09:39 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Supermarket jadi tujuan berbelanja berbagai keperluan ramadan. Supaya belanja bisa hemat dan cermat, perlu strategi saat berada di supermarket.

Mendekati bulan puasa, supermarket akan menawarkan berbagai promo hingga belanja tengah malam. Sebab saat ini umumnya supermarket ramai dipadati konsumen yang menyiapkan keperluan puasa. Jika Anda hendak berbelanja ke supermarket, sebaiknya lakukan strategi berikut.

1. Ikuti daftar belanja


Daftar belanja memudahkan Anda mencari keperluan di supermarket untuk bulan puasa. Selain menghemat waktu, adanya daftar belanja membuat Anda lebih hemat. Belilah barang-barang sesuai kebutuhan yang Anda tulis dalam daftar belanja. Karena bisa saja jika membeli barang di luar daftar bisa membuat Anda tergoda membeli bahan makanan yang tak Anda butuhkan.

2. Cermat melihat promo


Adanya tulisan potongan harga atau promo beli 1 gratis 1 tentunya mudah membuat tergiur. Pastikan Anda tetap bijak dan cermat dalam melihat berbagai penawaran supermarket. Termasuk tanggal kadaluarsa.

Hindari promo bonus pada produk yang tidak Anda butuhkan. Cermati juga selisih harga dari tiap promo berbonus karena bisa saja promo tersebut justru kurang menguntungkan.

Jika ada diskon untuk produk segar seperti daging, ikan atau ayam, Anda bisa memanfaatkannya. Membelinya dalam jumlah lebih banyak pun tak masalah karena dapat disimpan dalam freezer untuk stok.

3. Langsung menuju bagian belakang

Biasanya supermarket menempatkan produk segar ataupun produk kebutuhan sehari-hari di bagian belakang. Ini dilakukan agar pembeli mengelilingi seluruh bagian toko sebelum menuju ke sana. Tentunya hal itu memicu konsumen tertarik membeli produk yang tak diperlukan. Sebaiknya langsung menuju bagian belakang supermarket tempat produk segar atau produk sehari-hari.

4. Beli buah dan sayur utuh

Di supermarket kerap kali dijual buah yang sudah terpotong. Bisa juga bahan-bahan sayuran dalam kemasan untuk membuat lauk tertentu seperti sayur asam. Ada baiknya tetap membeli buah dan sayuran utuh. Selain harganya lebih murah dan kuantitas banyak, buah terbungkus kulit atau sayur belum terpotong lebih tahan lama jika disimpan di kulkas.

5. Waktu berbelanja


Terkadang supermarket punya waktu tertentu dimana harga produk jadi lebih murah. Seperti promo diskon di malam hari. Carilah informasi sebelum pergi ke supermarket. Anda bisa berbelanja di waktu sedang ada diskon.

6. Gunakan kartu anggota

Kebanyakan supermarket menyediakan kartu anggota. Kepemilikan tersebut memberi keuntungan pada pelanggan. Bisa berupa diskon khusus, diskon program, poin atau cashback. Ini bisa dimanfaatkan saat berbelanja keperluan ramadan. Namun tetap gunakan kartu dengan bijak, cermati program yang ditawarkan supermarket.

(adr/odi)