Sebelum Foto, Tata Makanan dengan 5 Trik Ini Agar Cantik Tampilannya di Instagram

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 04 Jun 2016 10:09 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Agar lebih menarik, makanan perlu di tata rapih. Suatu foto makanan akan memiliki 'cerita' jika di susun dengan trik tertentu. Anglenya bisa di foto dari atas ataupun samping, agar hasilnya cantik!

Dalam acara "Story on A Plate" yang diadakan pada (31/05), Food Stylist Profesional yaitu Vania Samperuru membagikan trik untuk menyusun makanan secara proporsional. Dengan tema 'The Art of Preparing Food for Camera' foto yang Anda ambil bisa membuat viewer memiliki makna tersendiri saat melihat foto Anda. Yuk simak!

1. Logika dan kesimbangan
Saat berbicara tentang keseimbangan, Anda harus mengingat table setting etiquette. Vania mencontohkan untuk mengambil gambar sajian cake, Anda tidak diperkenankan untuk menaruh rolling pin jika cake tersebut tidak dibuat dengan menggunakan rolling pin.

"Kalau mau foto cake, sebaiknya taruh diatas cake tier dan bisa dilengkapi dengan potongan cake yang ditaruh diatas piring dengan pelengkap sendok dan secangkir teh atau kopi sebagai pemanis," jelas Vania.

2. Konsep
Memikirkan sebuah konsep menjadi hal yang penting menurut Vania. "Jika sudah memikirkan konsep, tentu makanan tidak hanya diletakkan seimbang. Akan tetapi juga punya cerita," jelasnya.

Vania memberikan contoh gelas yang sedang dituangi oleh teko stainless yang berisi air panas. Dalam foto ini, beberapa orang dapat memiliki komentar yang berbeda seperti udara dingin hingga sajikan minuman pada tamu.

3. Koordinasi warna
Kebanyakan dari kita susah memilih warna yang sesuai dalam suatu foto makanan. "Supaya makanan tertata cantik dengan warna yang seimbang tentu dalam satu frame harus ada warna-warna basic atau dasar seperti biru, ungu, merah, kuning hingga hijau," jelas Vania.

Selain itu, trik peletakkan warna juga bisa dilakukan dengan cara complementary colours (arah berlawanan, seperti warna merah berlawanan dengan hijau), analogous colors (warna yang berdekatan, misalnya ungu tua ke ungu muda) dan triadic colors (berbentuk segitiga).

Kombinasi warna ini disebut juga dengan color build yang dilakukan untuk memecahkan masalah kebingungan warna saat metakkan makanan.

4. Properti
Salah satu properti yang wajib adalah alat makan. Vania mengatakan properti dengan warna putih lebih aman, akan tetapi sebaiknya pilih alat makan berwarna putih yang satu merek agar warna putihnya sama rata. Selain itu, mix and match properti berbahan enamel dan kayu juga disarankan dan bisa jadi kombinasi yang pas.

Selain itu, jenis makanan tertantu juga perlu menggunakan alat makan khusus. Misalnya makanan Jepang, lebih baik gunakan alat makan bernuansa Jepang.

5. Susunan
Menggunakan rule of thirds atau mengkomposisikan subjek menjadi hal dasar tentang bagaimana kita menempatkan subjek foto pada bidang foto dibandingkan dengan elemen foto lain. "Fokus serta penempatan makanannya harus berada tepat pada pertemuan garis," jelasnya.

Jika Anda hendak memotret cake, bisa mengkombinasikan dengan satu atau dua cake di sisi belakang. Vania juga berpesan bahwa pikirkan sesaat supaya makanan lebih cantik. Siapkan waktu 5 atau 10 menit untuk menghasilkan gaya yang lain dari biasanya. (lus/odi)