Rekomendasi Makan Siang

Nikmati Soto Tangkar yang Gurih Enak di 4 Tempat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 01 Jun 2016 11:44 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Kalau bosan soto Betawi, sesekali cicip soto tangkar yang tak kalah enak. Racikan kuah santan berbumbu rempah diisi potongan iga sapi yang empuk. Aduh enaknye!

Membicarakan hidangan khas Betawi pastilah teringat soto atau laksa Betawi. Padahal selain keduanya, masyarakat Betawi juga punya soto tangkar. Kabarnya menu ini 'lahir' dari cerita sulit warga Betawi saat dijajah Belanda. Saat para meneer Belanda berpesta dengan memotong seekor sapi, mereka hanya kedapatan bagian sapi yang berdaging sedikit seperti kepala dan iga. Tak berputus asa, warga Betawi mengolahnya bersama kunyit, lada, daun sereh, daun salam, dan santan kelapa menjadi soto tangkar.

Nah, tertarik mencicip cicip soto tangkar? 4 tempat berikut bisa jadi pilihan. Jangan lupa melahapnya bersama nasi hangat agar makan siang makin memuaskan.

1. The People's Cafe
Soto tangkar jadi salah satu menu yang tersedia di resto modern ini. Potongan daging iga sapi yang empuk berpadu enak dengan kuah santan yang gurih. Kalau ke sini, cicip juga jajanan khas Indonesia seperti mie ayam dan nasi goreng gila.

The People's Cafe
Lantai 5, West Mall
Grand Indonesia Mall
Thamrin, Jakarta Pusat
Telepon: 021 23581157

2. Dapur Nyai


Kalau mau cicip ragam menu Indonesia, tempat ini bisa jadi pilihan. Salah satu menu yang ditawarkan adalah soto tangkar. Kuah soto berwarna kuning terang berisi potongan daun bawang, kacang panjang, tomat, kentang goreng, bawang goreng, dan potongan daging empuk gurih. Tambahan perasan jeruk nipis dan kecap membuat rasa soto makin nikmat.

Resto Dapur Nyai
Jl. Merawan No. 14 (Seberang Cinere Bellevue)
Depok
Telepon: 021 94779090

3. Omah Sendok
Sop buntut, soto tangkar, nasi bakar, hingga Sate Ponorogo tersedia di sini. Soto tangkarnya dibuat dengan kuah santan berwarna merah kecokelatan. Isiannya terdiri dari irisan daun bawang, potongan tomat segar, daging yang empuk gurih, dan taburan bawang goreng.

Omah Sendok
Jl. Taman Mpu Sendok No. 45
Senopati
Telepon: 021 29704981 ext:195

4. Kedai Soto Tangkar dan Sate Kuah Daging Sapi Aneka Sari Pak H. Diding


Meski kedainya sederhana, soto tangkar di sini selalu laris pembeli. Racikan kuah sotonya berwarna oranye dengan rasa gurih ringan. Isiannya berupa daging sapi empuk, potongan tomat, irisan daun bawang, dan taburan bawang merah goreng. Jangan lupa juga cicip sate kuah di sini. Berisi potongan daging sate empuk dengan campuran kuah soto tangkar. Sedap!

Kedai Soto Tangkar dan Sate Kuah Daging Sapi Aneka Sari Pak H. Diding
Jl. Jembatan Besi Raya (samping Masjid Al-Jahiriyah)
Jakarta Barat
Telepon: 021-6300608

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com