Belanja Ramadan yang Hemat Cermat

Ini Cara Benar Simpan Sayuran, Daging, dan Susu di Kulkas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 31 Mei 2016 17:08 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bahan makanan segar perlu disimpan di kulkas agar kualitasnya terjaga. Tak asal menyimpan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sayuran, buah, daging, telur, dan susu biasanya jadi bahan makanan utama yang disiapkan jelang ramadan. Untuk memaksimalkan kualitas dan kesegarannya, makanan segar tersebut perlu disimpan dengan tepat di kulkas. detikFood (31/05) telah merangkum tips menyimpan daging hingga susu di kulkas seperti berikut.

1. Sayuran


Menyimpan sayur dalam kulkas perlu memperhatikan beberapa hal. Sebelum menyimpan sayuran pastikan sudah tidak ada karet atau stiker barcode yang menempel. Masukkan sayuran ke dalam kantung dalam keadaan kering. Pastikan pula melubangi kantung di beberapa titik untuk memungkinkan aliran udara yang baik.

Beri jarak saat menyimpan beberapa jenis sayuran karena semakin dekat jaraknya maka sayuran semakin cepat busuk. Sayuran hijau bisa dicuci di dalam bak penuh air sebelum disimpan. Sementara daun-daunan herbal dan jamur bisa dicuci sesaat sebelum diolah.

Perlu diperhatikan, ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. Termasuk bawang, kentang, dan tomat. Ketiga sayuran ini perlu disimpan di suhu kamar dengan keadaan terbuka.

2. Buah
Sama seperti sayur, tidak semua jenis buah baik disimpan di kulkas. Buah-buahan seperti alpukat, mangga, melon, apel, dan pir sebaiknya disimpan di ruang terbuka dan suhu kamar saja untuk mempercepat kematangannya. Sementara anggur, jeruk, dan aneka buah berry perlu dimasukkan ke kulkas agar terjaga kesegarannya. Khusus untuk pisang, usahakan tidak menyimpannya berdekatan dengan buah lain karena akan mempercepat kematangannya.

3. Daging


Penyimpanan daging dalam kulkas sangat dianjurkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan mencegah keracunan makanan. Simpan daging dalam wadah bersih dan tertutup. Letakkan di chiller karena bagian ini punya suhu paling dingin tetapi tidak beku. Namun, jika daging tidak diolah dalam 3 hari ke depan sebaiknya disimpan dalam freezer agar beku dan tetap segar. Hindari juga menaruh daging mentah dan daging matang dalam satu area untuk mencegah kontaminasi makanan.

4. Telur
Banyak orang membuang karton pengemas telur saat menyimpannya di kulkas. Padahal karton ini berfungsi melindungi dan mencegah telur agar tak menyerap aroma kuat dari makanan lain di kulkas. Selain itu, karton biasanya memuat tanggal 'Best Before Date' yang berfungsi sebagai patokan untuk memperhatikan kesegaran telur. Letakkan telur di bagian dalam kulkas, bukan di pintu kulkas yang temperaturnya tidak stabil. Hindari menyimpan telur mentah lebih dari 3 minggu dalam kulkas.

5. Susu


Susu dalam kotak besar umum jadi persediaan banyak orang di kulkas. Simpan susu dalam kulkas bersuhu dibawah 4C agar kesegarannya terjaga. Hindari menaruhnya di bagian pintu kulkas karena susu menjadi rentan terpapar udara hangat. Jika kotak susu sudah dibiarkan terbuka selama 3 hari, jangan meminum susu karena berpotensi bahayakan kesehatan.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com