Golden Mylk, Paduan Susu Almond dan Kunyit yang Kaya Manfaat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 26 Mei 2016 13:48 WIB
Foto: iStock/Guardian Foto: iStock/Guardian
Jakarta - Sejak lama kunyit dikenal sebagai rempah kaya manfaat. Di India, kunyit dipadukan dengan susu menjadi minuman Haldi doodh yang bermanfaat cegah depresi hingga kanker.

Kini Haldi doodh tak hanya populer di India. Guardian (11/05) melaporkan kafe di Sydney, San Francisco, dan Oxford mulai terkena 'demam' minuman berbahan kunyit ini. Namun mereka menamakan menu ini berbeda seperti Golden Mylk dan Turmeric Latte.

Restoran Vegan di London bernama Nama, misalnya, mengaku kebanjiran pesanan Turmeric Latte dalam beberapa waktu terakhir. Selain kunyit, Nama menggunakan santan sebagai paduan kunyit karena dianggap bercampur lebih baik.

"Kami melakukan sedikit uji coba dan orang-orang amat menyukainya," ujar Irene Arango, pendiri Nama. Menurutnya Turmeric Latte bisa jadi alternatif sehat pengganti minuman berkafein di pagi hari.


Sementara itu, Modern Baker di Oxford menyajikan minuman kunyit bernama Golden Mylk dalam versi berbeda. Ada yang berupa espresso shot dan es. Melissa Sharp selaku pendiri Modern Baker mengatakan, "Saya tahu kunyit. Saya melihat beberapa restoran di London menyajikan Turmeric Latte. Lalu saya mencari tahu dan mengetahui kunyit adalah hal terlezat."

Sharp memilih memadukan kunyit dengan susu almond dan menambahkan sedikit bubuk santan. Nama "milk" sendiri sengaja diganti "mylk" untuk menunjukkan minuman ini tidak dibuat dari susu hewani.

Mereka yang sudah pernah mencoba paduan susu dan kunyit berkata, "Minuman ini begitu creamy, dengan sensasi hangat yang membuat tubuh rileks, dan terasa sedikit manis."


Di India sendiri, Haldi doodh dideskripsikan sebagai minuman untuk wanita karena bermanfaat cerahkan kulit. Manfaat kunyit lain ialah cegah ragam penyakit mulai dari batuk, depresi, hingga kanker.

Kunyit sebenarnya bukan hal baru untuk masyarakat India. Rempah berwarna oranye kekuningan ini jadi bagian pengobatan Ayurveda yang sudah dipraktekkan sejak lama. Kunyit juga jadi bahan utama pembuatan kari dan nasi khas India.

Kepopuleran kunyit kini sudah merambah keluar India. Laporan Google menyebut tren pencarian kunyit di Amerika meningkat 56% dari November 2015 ke Januari 2016. Terlebih situs Goop milik Gwyneth Paltrow menawarkan resep minuman berbahan jahe dan kunyit yang disebut-sebut mengandung senyawa anti-inflamasi hebat.

(adr/odi)