Remaja Amerika Salah Gunakan Bibit Tanaman Sleepy Grass untuk Efek Halusinasi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 22 Mei 2016 15:51 WIB
Foto: Oddity Central Foto: Oddity Central
Jakarta - Tren membahayakan merebak di kalangan remaja Amerika. Mereka menggunakan bibit tanaman yang populer untuk mendapat efek halusinasi.

Oddity Central (12/05) melaporkan bibit tanaman seperti Baby Woodrose, Sleepy Grass, dan Blue Morning Glory diyakini dapat menggantikan efek halusinasi dari Lysergic acid diethylamide (LAD).

Bibit-bibit ini banyak dijual di toko tanaman, bisa dibeli tanpa izin, dan berharga murah.



Para pakar kini memperingatkan bibit tersebut mengandung Lysergic acid amide (LSA) yang merupakan senyawa halusinogenik. Senyawa ini mudah menciptakan halusinasi ketika ditelan langsung atau digerus untuk dicampurkan bersama teh. Efek halusinasi ini mempengaruhi penglihatan dan akal sehat soal waktu penggunanya.

Euphoria dan keletihan ekstrim turut menyertai efek halusinasi tersebut. Pada kasus ekstrim, konsumsi bibit tanaman tersebut bisa memunculkan kenangan masa lalu, muntah, dan ketakutan berlebihan.

Kasus penyalahgunaan bibit tanaman ini sudah terlihat di kalangan remaja Massachusetts dan Rhode Island. Beberapa remaja dirawat di rumah sakit karena reaksi psikotis ekstrim setelah makan bibit tanaman.

Polisi setempat telah menerbitkan peringatan pada orang tua dan toko peralatan rumah tangga agar menyingkirkan bibit-bibit tanaman tersebut.

Menurut Craig Mace, polisi di Seekonk, Massachusetts, ini bukanlah kasus pertama dimana orang-orang menggunakan zat aneh untuk mendapat efek halusinasi.

"Kita sebagai manusia punya kecenderungan untuk mencari efek-efek buruk tersebut. Dalam kasus ini kita punya produk alami yang ditujukan untuk tujuan ornamental, namun entah bagaimana seseorang membhat efek halusinogenik darinya," ujar Graig Mace.



Ia menyarankan agar orang tua mewaspadai jika menemukan bibit tanaman mencurigakan di rumah. Sekaligus mencari tahu apakah bibit tersebut memang digunakan untuk keperluan berkebun di rumah.

Arlene F. Bosco dari Seekonk Superintendent of Public Schools menjelaskan bibit-bibit tanaman tersebut mengandung Lysergic acid amide (LSA) yang mirip LSD. "Ketika dikonsumsi, senyawa tersebut bisa menyebabkan halusinasi pendengaran dan visual, gangguan spasial dan temporal, introspeksi, dan efek samping seperti mual dan muntah.

Sebelumnya para remaja di Amerika juga menyalahgunakan hand sanitizer untuk diminum. Ini dilakukan untuk mendapat efek mabuk seperti minuman beralkohol. (msa/odi)
Load Komentar ...