Ekspedisi Langit Nusantara

Bali Juga Punya Cokelat Lokal yang Berkualitas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 13 Mei 2016 12:37 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bali menjadi salah satu daerah penghasil kakao di Indonesia. Meski produksinya tidak besar, kakao diolah menjadi cokelat berkualitas di sini.

Tak melulu ke pantai, liburan di Bali juga bisa diisi dengan belajar seluk beluk cokelat serta mencicip cokelat lokal berkualitas. Tempat-tempat berikut bisa jadi pilihan. Ada Bamboo Chocolate Factory yang terkenal dengan pabrik cokelat bambu dan Pod Chocolate Factory & Cafe yang menghasilkan Artisan Bars chocolate homemade.

1. Bamboo Chocolate Factory


Foto: Pinterest
Mengusung konsep fair trade, Big Tree Farms menjual ragam produk lokal berkualitas seperti cacao, coco hydro, coconut sugar, dan cold processed TRU RA. Tahun 2011, pihaknya mendirikan pabrik cokelat ramah lingkungan. Arsitek Pete Celovsky menggunakan bambu sebagai fondasi utamanya. Pabrik ini bisa disinggahi mereka yang tertarik melihat proses pembuatan cokelat dan mencicip cokelat lokal berkualitas. Cokelat di sini hanya dibuat dari cacao dan gula kelapa sebagai pemanis alami.

Big Tree Farms Bamboo Chocolate Factory
Jalan Raya Sibang Kaja, Br. Piakan
Desa Sibang Kaja, Abiansemal
Badung, Bali
Telepon: 0361 8463327

2. Uforia Chocolate


Foto: Uforia Chocolate
Berada di desa Jasri, setiap hari Uforia Chocolate mengolah buah cacao fresh menjadi cokelat sehat dan berkualitas. Tersedia ragam produk seperti chocolate bars, truffles, dan lainnya. Beberapa yang unik adalah flavored bars dengan cita rasa asin yang didapat dari sea salt Bali, Locha-Mocha dengan paduan kopi Mandailing dan vanilla beans, serta Lavish Luwak Mocha yang dibuat dari biji kopi Luwak. Pencinta dark chocolate bisa mencicip 80% dark chocolate dengan gula kelapa organik, 70% dark chocolate, dan 64% dark chocolate.

Uforia Chocolate
Jalan Pura Mastima, Jasri Kelod
Karangasem, Bali
Telepon: 0363 21687

3. Ubud Raw Chocolate Factory


Foto: Ubud Raw Chocolate Factory
Ubud Raw Chocolate Factory memanfaatkan bahan-bahan lokal untuk membuat cokelat fresh hand-made. Ada produk unik seperti 3 rasa raw chocolate yaitu Mint & Goji Berry, Raisin Cashew, dan Pure & Raw dalam toples seberat 100 gram. Untuk Pure & Raw, misalnya, dibuat hanya dari Cacao dan Coconut sehingga terjamin sehat dan kaya antioksidan. Tak hanya di Bali, cokelat batangan ini kini sudah merambah ke Jepang karena dijual di Shibuya, Tokyo.

Ubud Raw Chocolate Factory
Jalan Raya Sayan No. 74
Sayan, Ubud

4. Pod Chocolate Factory & Cafe


Foto: Pod Chocolate
Berada di desa Carangsari, Badung, Anda dapat menemukan Pod Chocolate Factory & Cafe. Di sini pengunjung berkesempatan melihat proses pembuatan cokelat sekaligus mencicipinya. Untuk produk cokelatnya tersedia Pod Bites, Pod Rocks, Praline, dan Artisan Bars homemade berisi buah kering, kacang, dan cocoa nibs panggang yang fresh. Kalau suka pedas, jangan lewatkan varian Bali Chilli in Palm Nectar Dark Chocolate. Sensasi pedasnya dijamin bikin segar!

Tertarik belajar dan mencicip cokelat di sini? Anda bisa segera menyambangi lokasinya. Andalkan jaringan internet kuat di Bali untuk mengakses Google Maps dan mendapat petunjuk arah menuju Pod Chocolate Factory & Cafe.



"Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia"

(adr/odi)