Ekspedisi Langit Nusantara

Mampir ke Jember, Jangan Lupa Cicip Pecel Gudeg yang Sedap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 09 Mei 2016 13:15 WIB
Foto: detikFood/Foodies Jember Foto: detikFood/Foodies Jember
Jakarta - Pecel dan gudeg biasanya dinikmati sendiri-sendiri. Namun di Jember ada paduan pecel dan gudeg yang jadi favorit. Isiannya lengkap, mulai dari sayuran hingga krecek!

Berjalan-jalan ke Jember terasa kurang lengkap tanpa mencicip pecel gudeg. Pasalnya panganan ini hanya dijual di Jember, tepatnya di Warung Nasi Gudeg Lumintu.

Berada di Jalan Kertenegara, warung ini sebenarnya menjual nasi gudeg, nasi pecel dan nasi campur yang berarti pecel gudeg. Berkat keunikannya, nasi pecel gudeg kabarnya jadi favorit di sini.

Racikan nasi pecel gudeg terdiri dari nasi putih, gudeg nangka muda, dan sayuran (kacang panjang dan tauge) yang disiram bumbu pecel. Pelengkapnya berupa irisan telur pindang dan sambal goreng kerecek dengan kacang tolo. Tak ketinggalan, sambal dan rempeyek kacang sebagai pelengkap.


Tampilan gudeg di sini tidak secokelat gudeg Yogyakarta. Begitu juga dengan rasa manisnya yang tidak terlalu kuat. Kabarnya gudeg dimasak di atas tungku kayu bakar, sehari sebelum disajikan sehingga bumbunya benar-benar meresap. Dalam sehari, warung ini bisa menghabiskan sekitar 10 panci besar gudeg.

Buka mulai pukul 6 pagi, pecel gudeg biasanya sudah diburu pembeli yang ingin sarapan sedap mengenyangkan. Tersedia juga lauk lain yang bisa jadi pelengkap seperti ayam bakar, empal daging, dan jeroan.

Sesuai arti nama Lumintu yang berarti pembelinya tidak putus-putus, Warung Nasi Gudeg Lumintu memang kerap kali dipadati pembeli. Tak ayal, menu-menu biasanya habis tak lama usai jam makan siang. Warung ini buka setiap hari, kecuali hari Sabtu.

Nah, tertarik mencicip pecel gudeg? Segera saja meluncur ke Warung Nasi Gudeg Lumintu. Tak perlu khawatir bila tak tahu lokasinya, ada jaringan internet kuat di Jember yang bisa diandalkan untuk mengakses Google Maps. Petunjuk arahpun akan membawa Anda pada seporsi pecel gudeg. Selamat makan!

 

"Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia" 

(adr/odi)