Lidah Buaya Dapat Membantu Lebatkan Rambut dan Cegah Ketombe

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 07 Mei 2016 11:03 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Rambut yang lebat dan halus menjadi dambaan setiap wanita. Selain menjaga kebersihan kulit kepala, lidah buaya juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut.

Secara alami, lidah buaya mengandung vitamin B2 dan vitamin B5 yang baik untuk membantu dalam merangsang regenerasi rambut serta bisa digunakan sebagai pelembab alami. Selain itu, ada juga kandungan vitamin C yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan sel pada rambut.

Dengan perawatan alami ini, Anda tidak perlu merogoh kocek banyak. Cukup dengan sebatang lidah buaya yang ditanam di halaman, rambut akan lebat dan sehat jika dilakukan secara rutin.

1. Tingkatkan pertumbuhan rambut
Lidah buaya dikenal memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan rambut. Memiliki tekstur seperti gel, lidah buaya berfungsi sebagai kondisioner rambut alami dan dapat tingkatkan pertumbuhan rambut. Karena mengandung enzim yang berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Dalam sehari-hari, Anda dapat mengaplikasikan lidah buaya pada rambut. Setelah dicuci dengan sampo biasa, oleskan jus lemon dan juga gel lidah buaya pada rambut, diamkan 10 menit dan bilas dengan air hangat.

Selain dapat suburkan rambut, lidah buaya juga juga dapat mengubah tekstur rambut lebih lembab karena kaya akan vitamin dan juga asam amino yang berguna dalam melindungi dan restrukturisasi rambut.

2. Cegah ketombe


Bersifat alkalizing, lidah buaya dapat mencegah jamur yang sebabkan ketombe. Secara umum, lidah buaya mengandung polisakarida, mineral, vitamin dan juga asam amino yang bisa sehatkan rambut secara optimal.

3. Jaga kelembaban rambut


Lidah buaya dapat membantu seimbangkan pH dan menjaga kelembaban rambut sehingga rambut terlihat halus dan lebih mudah diatur.

4. Kurangi minyak berlebih


Jika kulit kepala Anda cenderung berminyak, Anda dapat menghilangkannya dengan cara alami dengan lidah buaya. Caranya, dengan mengupa skulit dan menghaluskannya kemudian dioleskan secara merata pada kulit kepala selama 15 menit sebelum dibilas.

5. Sehatkan kulit kepala
Selain dapat menghilangkan minyak berlebih pada kulit kepala, lidah buaya juga bisa sehatkan kulit kepala. Sifat anti-prunitic yang ada pada lidah buaya juga dapat membantu mengurangi kemerahan, gatal dan juga peradangan yang disebabkan oleh psoriasis pada kulit kepala.

(adr/adr)