Ekspedisi Langit Nusantara

Sedap Gurih, Orem-orem Berkuah Hangat Khas Kota Malang

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 07 Mei 2016 10:05 WIB
Foto: Instagram Jogja Food/Travel Culinary Guide Foto: Instagram Jogja Food/Travel Culinary Guide
Jakarta - Tak hanya tempat wisata, Malang juga terkenal dengan kulinernya. Selain bakso dan ketan susu, Anda juga bisa mencicip jajanan tradisional khasnya yaitu orem-orem.

Orem-orem merupakan kuliner khas Jawa, tepatnya dari Kota Malang. Sajian ini dibuat dari irisan tempe goreng dan ayam yang dimasak bersama dengan santan kental.

Disajikan dengan irisan ketupat yang diberi tauge, tempe dengan siraman kuah yang gurih hangat. Rasa kuahnya mirip seperti opor atau lodeh, namun lebih kental.


Selain tempe goreng, orem-orem juga ditambahkan dengan mendol. Mendol adalah gorengan yang terbuat dari tempe yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan bumbu lalu digoreng.

Sebelum menyantapnya, Anda dapat menambahkan sambal dan kecap. Beberapa rumah makan juga menyediakan beberapa jenis orem-orem. Ada orem-orem biasa, orem-orem ayam dan juga orem-orem telur.

Penasaran dengan ketenaran orem-orem di Malang, kami kemudian mencarinya melalui Instagram. Cukup menulis dengan tagar #orem-orem, kemudian muncul banyak unggahan foto orem-orem sekitar 133 post.


Orem-orem banyak dijual oleh pedagang kaki lima di beberapa kawasan Kota Malang. Tapi, jika Anda ingin mampir, orem-orem khas Arema bisa jadi pilihan.

Berada di jalan Blitar, rumah makan ini jadi salah satu yang sajikan orem-orem enak. Di sini, orem-orem disajikan dengan piring. Potongan ketupat disiram dengan kuah santan diberi pelengkap ayam, tempe, tauge dan diberi taburan bawang goreng. Hmm, sedap!

Jika Anda masih menikmati liburan di Malang, Anda bisa langsung datang ke rumah makan ini. Jangan khawatir kesasar, dengan bantuan smartphone dan jaringan tercepat Anda bisa sampai ditempatnya dengan bantuan Google Maps. Yuk, cicip!



Orem-orem Khas Arema
Jl. Blitar No. 14
Lowokwaru, Kota Malang

"Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia"

(adr/odi)