Sedang di Singapura? Jangan Lupa Sarapan dengan 8 Menu Favorit Ini (1)

Maya Safira - detikFood Jumat, 06 Mei 2016 10:16 WIB
Foto: SoShiok
Jakarta - Pagi hari di Singapura sangat sibuk. Ada banyak sarapan enak yang layak dicoba. Dari sandwich, dim sum hingga roti prata berkuah kari gurih.

Warga Singapura biasa memulai pagi dengan sarapan khas yang memuaskan indera pengecap. Seperti menyantap bee hoon ataupun kaya toast. Situs Go Away merangkum jenis sarapan favorit di Singapura beserta rekomendasi tempat menikmatinya.

1. Prata
Pancake renyah a la India ini cocok untuk sarapan pagi atau santapan di malam hari. Jenis sarapan sederhana tersebut juga tidak mahal. Rasanya enak disuap bersama kari pendampingnya.

Go Away merekomendasikan roti prata dari Mr and Mrs Mohgan's Super Crispy Roti Prata di Joo Chiat. Meski tempatnya cukup terpencil di sebuah kedai kopi, tapi selalu ramai oleh pengunjung. Sebab di sini roti prata-nya sangat renyah dengan jejak mentega enak. Tersaji hangat langsung dr panggangan bersama dhal, kari kambing atau kari ikan.

Mr and Mrs Mohgan's Super Crispy Roti Prata hanya buka di pagi sampai siang hari. Biasanya tutup pada Selasa dan Rabu tiap minggu ke-3.

Mr and Mrs Mohgan's Super Crispy Roti Prata
7 Crane Road, Poh Ho Eatery
Jam buka: 06.30-13.30



2. Chee cheong fun
Chee cheong fun merupakan sajian rice noodle roll. 'Chee cheong' berarti usus babi, sementara 'fun' merujuk pada mie beras yang dipakai untuk makanannya. Nama itu dipilih karena bentuk sajian mirip usus kecil babi. Biasanya saat sarapan, chee cheong fun yang kenyal diberi kecap manis, minyak wijen dan biji wijen.

Go Away merekomendasikan Freshly Made Chee Cheong Fun untuk tempat sarapan. Seperti namanya, chee cheong fun di sini memang dibuat langsung sehingga rasanya segar dan enak. Chee cheong fun bertekstur lembut, halus dan tersaji panas. Pengunjung pun dapat memilih aneka isian untuk chee cheong fun. Baik udang atau BBQ daging babi yang diisi secara royal ke dalam hidangan.

Freshly Made Chee Cheong Fun
Old Airport Road Food Centre, #01-155
Jam buka: 08.00-22.00

3. Nasi Lemak
Pengaruh Melayu membuat nasi lemak mudah ditemui di Singapura. Makanan klasik yang terbuat dari campuran santan dan daun pandan ini pun jadi salah satu menu sarapan. Disajikan lengkap dengan pendamping beragam seperti ayam goreng, telur, ikan asin dan sambal pedas.

Go Away merekomendasikan Selera Rasa Nasi Lemak. Nasi lemak di sini memakai beras butir panjang dengan rasa santan pekat. Lauknya ada banyak yang bisa dipilih. Sementara sambalnya bercitarasa manis pedas. Pantas saja ini jadi nasi lemak favorit Sultan Brunei saat di Singapura.

Selera Rasa memang cukup populer. Sehingga pengunjung kerap harus menunggu untuk mendapat sepiring nasi lemak.

Selera Rasa Nasi Lemak
2 Adam Rd, #01-02, Adam Road
Food Centre, S(289876)
Jam buka: 07.00-17.00



4. Economic Bee hoon
Di hawker center dan bus interchange umumnya terlihat penjual bihun goreng atau bee hoon. Pelengkap bee hoon ada banyak seperti sayap ayam, sosis, fish cake atau telur. Makanan ini biasa jadi pilihan sarapan yang dibeli untuk santap di jalan oleh banyak warga Singapura.

Go Away merekomendasikan Good Old Taste. Sepiring bee hoon standar jadi meningkat rasanya di tangan Good Old Taste. Sebelumnya dikenal dengan nama 108 Eating House, tempat ini menyediakan bee hoon berkualitas yang diberi rasa daging kaki babi, dimasak dengan herba China otentik dan disajikan bersama topping tambahan sesuai selera.

Harga makanannya mulai dari $3.20 (Rp 31.300). Karena kepoouleran tempat ini, konsumen juga bisa menempatkan pesanan secara online.

Good Old Taste
11 Collyer Quay #01-08 The Arcade, S(049317)
Jam buka: 07.00-17.00 (Senin-Jumat), 07.00-14.00 (Sabtu) (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com