ADVERTISEMENT

Ekspedisi Langit Nusantara

Kalau ke Bromo jangan Lupa Bawa Pulang Pokak dan Keripik Kentang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 05 Mei 2016 11:08 WIB
Foto: Arjuna Bromo
Jakarta -

Usai menikmati keindahan gunung Bromo, jangan lupa mampir beli oleh-oleh makanan khasnya. Tersedia keripik kentang hingga madu alami yang menyehatkan.

Pemandangan matahari terbit (sunrise) terbaik di Indonesia salah satunya ada di Gunung Bromo. Gunung ini secara administrasi berada di empat kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Seperti tempat wisata lain, kawasan yang kini masuk dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Bromo, Tengger ini punya sejumlah panganan unik yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk wisatawan.

1. Pokak
Berasal dari Probolinggo, pokak terkenal sebagai minuman kaya rempah dengan segudang khasiat. Dibuat dari serai, cengkeh, kayu manis, jahe, jeruk purut, pandan wangi, dan gula. Warnanya cokelat cerah dengan aroma pandan yang harum wangi.

Olahan pokak berupa sirup dan wedang. Begitu diminum, keduanya meninggalkan jejak hangat dan pedas di lidah. Cocok jadi minuman di wilayah dingin seperti Bromo. Disamping menghangatkan badan, khasiat pokak antara lain meredakan batuk, mengobati masuk angin, dan menurunkan kadar kolesterol.



2. Keripik jahe
Masih dari kawasan sekitar yaitu Lumajang, ada keripik jahe yang juga jadi oleh-oleh khas Bromo. Dibuat dari jahe dan kelapa dengan cita rasa gurih-gurih pedas.

Karenanya cocok untuk menghangatkan badan dari dinginnya udara Bromo yang menusuk. Salah satu sentra produksi keripik jahe berada di Desa Pasrujambe, Lumajang. Beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) di sana rutin memproduksinya.



3. Keripik kentang
Warnanya putih susu, berukuran lebar, dan teksturnya renyah. Itulah ciri khas keripik kentang dari Bromo yang banyak diproduksi di Probolinggo. Untuk menghasilkan keripik kentang berkualitas memang diperlukan kentang yang kualitasnya super, namun harganya lebih mahal. Ada pilihan lebih murah dengan penggunaan kentang biasa. Tetapi ukurannya kecil dan berwarna putih kecokelatan. Disamping enak, keripik kentang disukai karena rendah kolesterol namun kalorinya tinggi.



4. Madu murni
Sejak lama madu dikenal kaya khasiat. Banyak wilayah di Indonesia menghasilkan madu murni berkualitas baik. Seperti madu dari hutan gunung Bromo yang berada di Pasuruan. Madu ini bagus dikonsumsi rutin untuk menjaga kesehatan sekaligus mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti sariawan, kekebalan tubuh, dan sebagainya.

Nah, kalau sedang berada di Bromo dan ingin belanja oleh-oleh, Pusat Oleh-oleh Khas Bromo Arjuna bisa jadi pilihan. Andalkan jaringan internet kuat di sana untuk membuka Google Maps yang bisa memberi petunjuk lokasi. Selamat berbelanja!


"Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia"

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT