Selain Kopi, Ini 6 Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Melek

Fran Sisca - detikFood Rabu, 04 Mei 2016 09:34 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kopi selalu jadi andalan saat orang mengantuk atau kurang konsentrasi. Sebenarnya ada banyak makanan dan minuman lain yang punya efek sama dengan kopi.

Seperti dilansir dari Times of India (02/05) konsumsi banyak kopi bisa berefek buruk pada kesehatan. Karenanya Anda bisa mulai beralih ke makanan dan minuman lain yang berkhasiat sama dengan kopi. Mampu membuat Anda terjaga dan tetap sehat.

1. Biji Chia


Biji chia
 merupakan bijian yang kaya akan omega-3, asam lemak, dan dikenal sebagai penguat otak.
Selain itu, biji chia juga dapat menghindarkan dari kelelahn dan membuat Anda lebih waspada.
Biji chia menyerap 10 kali lipat air, mempercepat pencernaan, menjaga tubuh tetap terhidrasi dan berenergi. Campurkan dalam smoothies dan yogurt dalam menu sarapan.

2. Air Dingin


Air dapat membangkitkan semangat. Menjaga sel-sel tubuh terhidrasi dan aktif. "Banyak orang yang mengalami dehidrasi. Mereka tidak meminum air hingga tengah hari dan pastinya membuat mereka sangat haus. Cobalah untuk memulai hari dengan minum air. Minum air jeruk lemon atau air dengan peras lainnya," demikian saran ahli gizi, Karishma Chawla.

3. Oatmeal


Oatmeal merupakan sarapan sempurna untuk memulai hari. Indeks glikemiknya yang rendah dapat membantu membakar karbohidrat secara perlahan yang membuat Anda aktif di sepanjang hari.

4. Sayur-Sayuran
Sayuran hijau seperti bayam, selada, dan sawi dapat mencegah tubuh lesu. Dengan kandungan yang kaya akan vitamin B, akan membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Konsumsi dalam bentuk segar dalam salad, jus, atau smoothies atau dalam bentuk tumisan.

5. Telur
Telur dapat dimasak dengan berbagai cara. Direbus, orak-arik, goreng, hingga mata sapi. Telur merupakan pilihan sarapan yang sehat. Telur kaya protein karenanya sebaiknya konsumsi telur berikut kuningnya. Lebih bagus lagi jika telur dipadukan dengan sayuran.

6. Susu Cokelat


Cokelat tidak menggemukkan. Apalagi jika cokelat dicampur ke dalam susu. Cokelat susu akan memperbaiki suasana hati. Susu memberikan asupan kalsium dan campuran cokelat akan memberikan energi.

(adr/odi)