ADVERTISEMENT

Ekspedisi Langit Nusantara

Mencuci Mulut dengan Roko Cangkuning dan Bluder Khas Makassar

Lusiana Mustinda - detikFood
Senin, 02 Mei 2016 15:30 WIB
Foto: Mama Toko Kue
Jakarta - Setelah puas menyantap sajian gurih seperti konro dan pallubasa. Anda bisa mencari pencuci mulut di toko kue yang sajikan aneka kue tradisional khas Makassar.

Makassar memang surganya kuliner. Selain jajan makanan enak, Sulawesi Selatan juga punya kue tradisional yang menggiurkan. Kalau sedang berada di kota ini, aneka jenis kue yang manis dan gurih bisa Anda coba.

1. Cucur Bayao

Cucur yang satu ini dibuat dengan menggunakan campuran kenari dan kuning telur. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat kue ini banyak disukai. Selain cucur bayao, ada juga bayao nibalu yang terbuat dari adonan yang kurang lebih sama, namun berbentuk silinder dengan daging buah durian yang ditaruh di tengahnya.

2. Sikapuru

Kue ini menjadi salah satu kue yang berasal dari bugis. Sikapuru terbuat dari telur, gula pasir, santan kelapa, tepung beras dan diberi berbagai pewarna. Biasanya kue ini dibentuk mirip seperti bunga dengan cetakan khusus. Kue yang lembut ini sangat cocok disantap sebagai teman minum teh ataupun kopi.



3. Roko Cangkuning

Dalam bahasa Makassar, Roko berarti bungkus. Kue yang dibungkus daun pisang ini dibuat dengan adonan tepung beras dan santan yang diberi isi kelapa parut dan dicampur gula merah. Dalam penyajiannya, kue ini bbiasanya dibungkus dalam bentuk piramida.

4. Gogoso

Kue ini memiliki bentuk dan tampilan yang mirip dengan lemper khas Jawa. Kue gurih dengan bahan dasar beras ketan ini menjadi salah satu kue favorit masyarakat Bugis, Makassar. Beras ketan yang sudah dimasak dengan santan diberi isian berupa daging ikan atau ayam yang sudah diberi bumbu serta dibungkus dengan daun pisang.

Proses pemasakan gogoso ini dulakukan dengan cara dibakar sehingga aromanya khas dan sedap.



5. Kue seruni

Disebut juga dengan kue kembang seruni, hal ini dikarenakan penampakannya mirip seperti bunga seruni. Membuat kue ini membutuhkan cara yang khusus.

Pasalnya, bentuk bunga dibuat dengan menggunakan cubitan dengan ujung jempol dan juga telunjuk segingga membentuk kelopak bunga seruni. Kue ini dibuat dengan campuran tepung ketan, gula, santan dan pewarna makanan.

Teksturnya yang kenyal semakin enak diisi dengan kukusan kentang yang sudah dicampur dengan gula pasir dan daunko kue pandan. Kemudian sebelum disantap, kue seruni diberi siraman saus santan yang gurih manis.



6. Bluder

Punya tampilan yang mirip seperti bolu, bluder dikenal berasal dari Makassar tapi beberapa juga mengklaim bahwa kue ini merupakan pengaruh dari peranakan Tionghoa. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dengan warna kuning yang berasal dari kuning telur. Sebagai pengganti ragi, dalam proses pembuatannya kue ini juga dicampur dengan tuak.

Jika Anda ingin mencicip kelezatan kue tradisional Makassar ini, Anda bisa datang ke beberapa toko kue seperti Toko Kue Mama yang sudah populer di Makassar.

DetikFood mencoba untuk mencari Toko Kue Mama di Instagram, ternyata tempat ini sudah memiliki followers sekitar 609 dan sudah mengunggah kurang lebih 155 unggahan. Sehingga Anda bisa bebas bertanya seputar ketersediaan kue sebelum berkunjung ke sana.

Agar lebih mudah dijangkau, Anda bisa memanfaatkan jaringan internet untuk mencari tempatnya.



Mama Toko Kue
Jl. Serui No. 15
(0411) 3617453
Instagram: Mamatokokue

"Ayo ikutiĀ Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia". (lus/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT