Ekspedisi Langit Nusantara

Pisang Epe Jadi Camilan Manis Saat Berkunjung ke Pantai Losari

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 30 Apr 2016 16:02 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Berkunjung ke Makassar, Anda bisa menikmati aneka sajian pisang yang enak. Mulai dari es pisang ijo hingga pisang epe dengan siraman gula yang legit. Enak!

Jajanan khas Makassar memang banyak yang menggunakan bahan pisang. Misalnya saja es pallu butung, es pisang ijo dan yang satu ini adalah pisang epe.

Pisang epe dibuat dengan cara pisang dipipihkan dan dibakar. Kemudian disajikan dengan saus gula merah cair. Manis dan legit!

Camilan manis ini sangat populer di Makassar, bahkan di Pantai Losari dan menjadi salah satu makanan khas di sana. Menyantap pisang epe, paling enak sekaligus menikmati keindahan laut.


Dalam bahasa Makassar, epe berarti jepit. Pemilihan pisangnya adalah pisang raja yang dibakar lalu dijepit hingga pipih. Pisang raja digunakan karena aromanya yang khas dan rasanya yang manis.

Selain disiram dengan saus gula merah, pisang epe kini juga banyak disajikan dengan aneka saus modern seperti saus coeklat dan durian. Agar semakin semarak, pisang epe juga bisa ditambahkan dengan keju, meisjes hingga kelapa sangrai.


Kalau berkunjung ke Makassar, Anda bisa menikmati pisang epe yang terkenal enak. Salah satunya di kawasan Maloku, dengan jaringan tercepat dan terluas Anda bisa mampir ke pisang epe enak ini.



Pisang Epe Tamala'jua
(Depan Bank BNI)
Jl. Ali Malaka
Maloku, Ujung Pandang
Makassar, Sulawesi Selatan

"Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia" 

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com