Warna-warni 'Rainbow' Ternyata Membuat Makanan Terasa Lebih Enak

Fran Sisca - detikFood Kamis, 28 Apr 2016 09:34 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Rainbow cake masih jadi tren hingga tahun ini. Rupanya warna-warni pada makanan ini punya pengaruh pada otak untuk menerima rasa lezat makanan.

Aneka kue, kopi, matzo, bagel, wafel, keju, donat, pancake tampak indah dengan warna-warni mencolok dan menggugah selera. Karenanya orang menjadi gandrung akan makanan rainbow.

Kegemaran dalam mengonsumsi makanan berwarna-warni diawali dari permen yang berwarna-warni seperti Skittles yang muncul pada masa kanak-kanak. Munculnya gambar makanan dengan aneka warna-warni di Instagram dapat membuat mata Anda menjadi gembira ketika melihatnya.


Seperti dikutip dari Huffington Post (25/04) sebuah studi di tahun 2015 menemukan bahwa sengatan polikromatik (cahaya berwarna-warni) dapat menipu otak untuk mencicipi rasa yang tidak benar-benar ada.

Penampakan warna-warni yang menarik pada makanan dapat menggugah selera makan dengan penuh rasa penasaran rasa seperti apa di dalamnya.


Namun, pada kenyataannya makanan berwarna pelangi dapat menyebabkan Anda hanya akan merasakan rasa manis. Tidak ada rasa-rasa lain di setiap varian warna yang berbeda.

Sebuah penelitian lain tahun 2014 menyebutkan makanan yang berwarna-warni juga dapat membuat Anda bosan. Pastinya Anda akan kembali memakan pizza atau bagel dengan warna biasa lebih banyak dari biasa.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com