Ekspedisi Langit Nusantara

Binyolos dan Bobengka, Kue Manis Asli dari Manado

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 26 Apr 2016 17:50 WIB
Foto: Indonesia Kaya
Jakarta - Terkenal dengan sajian makanannya yang pedas, Manado juga punya beragam kue yang khas. Sebut saja binyolos yang empuk dan bobengka yang lembut.

Kalau berkunjung ke Manado, Anda wajib mencicip kue khas yang manis. DetikFood merangkum beberapa kue khas dari Manado selain panada, cucur, balapis dan lalampa.



1. Apang coe
Kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan kue apem. Tapi kue asal Manado ini menggunakan gula merah sebagai pemanis, ditambah dengan air kelapa untuk membantu fermentasi. Kue apang coe disajikan dalam takir dari daun pandan yang memberikan sensasi harum pada kue ini.



2. Kue ku
Melihat tampilannya, Anda pasti akan tergoda. Kue ku memiliki tampilan dengan warna merah terang dan mengkilap. Kue ini memiliki tekstur yang lembut lengket dengan isian kacang hijau.

Dibuat dari campuran tepung beras ketan, gula pasir, garam dan juga air yang dicetak dengan cetakan khusus. Konon, kue Manado ini mendapat pengaruh dari China.

3. Koyabu
Koyabu menjadi salah satu kue tradisional yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Kue ini dibuat dengan beras ketan giling yang dicampur dengan kelapa parut. Rasanya manis, karena di dalamnya diberi gula aren dan dibungkus dengan daun pandan.

4. Binyolos
Selain panada dan kue cucur, ada juga kue binyolos asal Sulawesi Utara. Dalam proses pembuatannya, binyolos dibuat dengan tepung terigu, ubi jalar, singkong dan sisiran gula merah. Masyarakat Manado sering menyantap Binyolos untuk teman minum kopi.



5. Bobengka
Kue tradisional ini dibuat dari campuran tepung terigu, telur, santan, gula merah dan kelapa parut. Teksturnya sangat lembut dengan rasa manis dan gurih. Sepintas, sajian kue ini mirip seperti brownies, hanya saja rasa, bahan dan cara pembuatannya berbeda.

Kue-kue ini bisa Anda temui di beberapa restoran ataupun pasar tradisional di Manado. Salah satunya Anda bisa mendapatkannya di Kecamatan Airmadidi, tepatnya di jalan Raya Manado, Bitung yang buka sejak pukul 07.00 hingga 21.00.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan aneka kue dan oleh-oleh khas Manado di Mercifull Building yang buka selama 24 jam. Yuk, jelajah kota Manado dengan mencari informasi menarik di internet dengan jaringan luas dan tercepat.




"Ayo ikutiĀ Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia". (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com