Perhatikan Cara Ini Saat Mengolah Kepiting Soka

Fran Sisca - detikFood Selasa, 26 Apr 2016 16:08 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kepiting lemburi atau kepiting soka atau baby crab kini digemari banyak orang. Kalau ingin mengolah sendiri perhatikan caranya yang tepat.

Kepiting soka atau kepiting lemburi ini identik dengan cangkangnya yang lunak. Biasanya, jika digoreng dengan tepung, daging dan kulitnya yang lembut tidak akan hancur atau remuk saat dikunyah.



Kepiting ini biasanya dapat disajikan dengan digoreng tepung, dengan telur asin, sushi, dan kini dapat menjadi isian sandwich.

Dikutip dari The Daily Meal (22/04) kepiting soka atau lemburi kini kini jadi tren. Executive Chef, David Siegal di Cull Pistol Oyster Bar, New York membagikan tips membuat sandwich dengan isi kepiting soka.

Chef Siegal dan Harissa Aioli berkomentar, "Kelezatan kulit kepiting yang lembut seperti kepiting soka atau lemburi, dapat dipadukan dengan sandwich. Teksturnya yang renyah, gurih, dan empuk hingga cangkangnya sangat nikmat."



Menurut David Herron, Direktur Divisi Retail dan Restoran di The Lobster Place & Pistol Oyster Bar di New York, kunci untuk membeli kepiting soka atau lemburi hidup. Ketuk-ketuk untuk memastikan tidak adanya gerakan untuk mempermudah dibersihkan sebelum dimasak.

Sedangkan untuk menangani kepiting bisa dilakukan tahapan ini:

1. Pegang tubuh kepiting di antara kaki dan punggungnya dan tahan di atas wastafel
2. Gunting mulut dan mata dengan gunting dapur
3. Tarik kulit atau cangkang atas dan keluarkan insang dengan tangan atau gunting
4. Lalu, balikkan badan kepiting dan buanglah bagian kelep kepiting bentuk T pada kepiting jantan, dan bentuk segitiga pada kepiting betina. (lus/odi)