Ekspedisi Langit Nusantara

Gulai Tepek Ikan Jadi Suguhan Tradisi Khas Jambi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 22 Apr 2016 13:31 WIB
Foto: Fokus Jambi/iStock Foto: Fokus Jambi/iStock
Jakarta - Gulai tepek ikan jadi suguhan khas saat pernikahan, kenduri, atau acara adat di Jambi. Sajian berkuah santan ini berisi potongan ikan tenggiri atau gabus yang diolah mirip pempek.

Berada dekat Sumatera Selatan dan Sumatera Barat membuat kuliner provinsi Jambi sedikit banyak mirip kuliner di kedua provinsi tersebut. Olahan ikan air tawar seperti tenggiri, gabus, dan belida pun populer di ketuga wilayah ini.

Jika Sumatera Selatan punya pempek dan Sumatera Barat punya gulai, maka Jambi punya gulai tepek ikan. Ikan tenggiri atau gabus diadon bersama tepung sagu dan bawang putih, kemudian dibentuk seperti pempek lenjer dan dimasak hingga matang. Adonan ini lalu dicampurkan ke dalam kuah santan gulai yang gurih asam.


Rasa asam pada kuah gulai berasal dari penggunaan nanas. Selain nanas, setidaknya ada belasan bumbu yang jadi bahan pembuatan kuah gulai. Seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, lengkuas, jahe, cabai merah, adas manis, santan kelapa, nanas, garam, dan gula.

Bumbu ini perlu ditumis hingga wangi lalu ditambahkan adas manis. Setelah itu barulah dihaluskan. Sementara itu, santan dipanaskan dalam panci terpisah hingga mendidih. Barulah bumbu halus tadi dimasukkan sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah.

Langkah terakhir ialah memasukkan tepek ikan yang telah dipotong kecil-kecil. Lalu tambahkan nanas, gula, dan garam sesuai selera.


Nama 'tepek' sendiri sebenarnya berarti dipadatkan atau dipipihkan. Sesuai dengan proses ketika membuat adonan ikan dan sagu sebelum akhirnya direbus hingga matang. Tepek ikan yang sudah matang kemudian didinginkan dan dipotong kecil-kecil berbentuk jajar genjang.

Gulai tepek ikan bisa dijumpai saat momen-momen tertentu seperti pernikahan, kenduri, atau acara adat di Jambi. Gulai tepek ikan cocok dimakan bersama nasi gemuk

Kalau tertarik mencicip, di kawasan Tahtul Yaman ada beberapa rumah makan yang menawarkannya. Tak perlu takut sulit mencari alamat, Anda bisa mengandalkan jaringan internet kuat di Jambi untuk menemukan kawasan ini. Perjalanan mencari seporsi gulai tepek ikanpun jadi lebih mudah. Mampir yuk!



"Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia"

(adr/odi)