Ekspedisi Langit Nusantara

Main ke Pantai Gandoriah, Jangan Lupa Jajan Rakik dan Sala Lauak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 18 Apr 2016 10:51 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Kota Pariaman punya pantai Gondariah yang landai berpasir putih. Kalau bermain ke sini jangan lupa ngemil sala lauak dan rakik.

Jalur Padang dan Pariaman merupakan jalur dagang yang penting di masa lalu. Di pelabuhan Pariaman perdagangan rempah berlangsung. Karenanya ada jalur kereta api dari Padang ke Pariaman.

Kini Anda bisa naik kereta api dari stasiun Simpang Haru Padang ke stasiun Pariaman. Atau berkendara dengan mobil. Pantai paling barat Sumatra Barat ini wajib dikunjungi.

Menuju area pantai, ada jajaran pedang kaki lima di salah satu sisinya. Terlihat sangat menarik perhatian karena hampir semuanya memajang baskom-baskom berisi rakik atau rempeyek.


Semuanya dari hasil laut seperti ikan kecil, rajungan, ika layur, udang yang digoreng tepung. Kering keriting tepungnya yang sangat menggiurkan untuk dicicipi.

Sementara tercium aroma gurih seafood saat melintasi area ini. Harap maklum, di kios-kios tersebut mereka menggoreng langsung seafood dengan adonan tepung.

Harganya tak terlalu mahal sekitar Rp. 5000 per buah. Kecuali untuk ikan yang besar. Patokan harga tergantung kepandaian menawar. Warna adonannya kuning kemerahan karena tepung beras dicampur dengan kunyit dan cabai giling.

Kriuk krenyes rasanya gurih pedas. Sementara udang dan ikannya terasa renyah enak. Agak asin jika dimakan begitu saja. Tapi kalau mau bisa juga dimakan dengan nasi.


O,ya selain rakik, ada sala lauak yang dijajakan bersama-sama. Bentuknya bola-bola dengan warna kuning oranye seperti rakik. Camilan ini dibuat dari tepung beras yang diberi bumbu bawang, kunyit bubuk, irisan daun kunyit dan cabai giling.

Dibentuk bola-bola lalu digoreng hingga kuning keemasan. Rasanya empuk, gurih sedikit pedas. Enak buat camilan atau dipakai sebagai lauk makan nasi.

Nah, berbekal camilan ini Anda bisa menuju ke pantai yang berpasir putih. Tepat di seberangnya ada berbagai gugusan pulau kecil. Ada 6 pulau yaitu Pulau Kasiak, Pulau Angso, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong dan Pulau Bando.

Bagaimana keindahan pantai Pariaman dan pulau-pulaunya? Karena kini jaringan telekomunikasi makin kuat, Anda bisa melihat petanya berikut ini.



Saat pulang jangan lupa mampir ke pasar yang tak jauh dari pantai. Ada camilan ladu atau arai pinang yang bisa dibeli untuk oleh-oleh. Berbentuk seperti kerupuk bundar tipis dengan rasa gurih renyah.

Ladu dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan telur dan air kapur sirih agar renyah. Adonan kemudian dicetak dengan daun pinang karenanya disebut arai pinang. Sekarang dicetak dengan cetakan kue. Camilan renyah khas Pariaman Tengah ini wajib dibeli untuk dinikmati di perjalanan.

"Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia"

(adr/odi)